Pemkab Purwakarta Akan Kembangkan Kampung Sains

Pemkab Purwakarta jajaki program kampung sains. (Foto: diskominfo kabupaten purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengembangkan kampung sains. Diharapkan adanya kampung sains bisa memancing minat generasi muda Purwakarta untuk berkarya di bidang sains.

Kampung sains merupakan program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Universitas Pendidikan Indonesia Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan Universitas.

Baca Juga:  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kabupaten Indramayu Dibuka, Begini Pedomannya

Pengembangan kampung sains juga diharapkan bisa mengembangkan inovasi yang memiliki daya ungkit ekonomi dan tumbuhnya minat sains di kalangan masyarakat akar rumput. Melalui, kolaborasi pemerintah pusat, daerah, desa, guru, dan masyarakat setempat dibuat suatu miniatur kampung sains.

Baca Juga:  Smartwatch Bisa Tingkatkan Kesehatan Penggunanya? Ini Penjelasannya

Setidaknya penerapan itu nantinya dapat membentuk sebuah pola pikir dari jenjang anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum agar tidak terjebak dalam pola bias informasi di era teknologi informasi saat ini.

Baca Juga:  Realisasi Investasi di Purwakarta Capai Rp8,9 Triliun, Ini Kata Bupati Anne

Hendri Kumiadi, analis kebijakan Universitas Pendidikan Indonesia mengatakan, definisi kampung sains merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menumbuhkembangkan literasi sains masyarakat dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu.