Pemkab Serdang Bedagai Tetapkan Daerah Ini Sebagai Kampung Budaya Jawa

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Liburan akhir tahun tentunya menjadi hal yang paling dinantikan bagi semua orang. Tak jarang, banyak orang mulai membicarakan soal destinasi wisata mereka saat akhir tahun nanti.

Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara memiliki tujuan wisata yang komplit. Mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata laut, destinasi sejarah yang kaya dengan warisan budaya kerajaan Serdang dan Kerajaan Bedagai sampai wisata kuliner.

Dalam meningkatkan wisatawan, Pemkab Serdang Bedagai terus menggalakkan kampung budaya dan desa wisata. Salahsatu penetapan Kampung Ibus terletak di Dusun 9, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah menjadi kampung budaya jawa atas dasar surat keputusan Bupati Serdang Bedagai nomor 336/18.26 tahun 2018 tentang penetapan lokasi kampung budaya

Baca Juga:  Atalia Praratya Minta Dekranasda se-Jabar Lahirkan Inovasi Produk Ekonomi Kreatif

“Serdang Bedagai sebenarnya sudah menjelma menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Banyak destinasi yang bisa dikunjung, mulai dari siwata alam, budaya dan kuliner,” kata Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, melalui kampung budaya dan desa wisata serdang yang sedang di galakkan Pemkab Serdang Bedagai untuk menggali dan mengembangkan potensi yang bisa dijadikan daya tarik wisata.

Baca Juga:  Tersangka Pembunuh Ayah Kandung di Purwakarta Berhasil Ditangkap

“Konsep kampung budaya dan desa wisata ini akan bagus sekali sebagai pendorong pengembangan destinasi wisata baru terutama meningkatkan PAD dan ekonomi msyarakat,” ucap Soekriman.

Ia menilai, keterlibatan masyarakat dan memajukan kampung budaya dan desa wisata cukup tinggi, untuk itu peran masyarakat lokal dalam meningkatkan kesadaran dan dukungan akan menjadi kunci utama dalam pengembangan desa wisata.

Baca Juga:  Yes.. Kota Bogor Izinkan Kembali Bioskop Beroperasi

“Saat ini wisatawan lebih mengarah pada wisata alam dan budaya, jadi peluang masyarakat meningkatkan ekonomi dengan konsep desa wisata ini sangat besar,” katanya.

Ditempat terpisah, Junaidi seorang pengusaha Serdang Bedagai mengatakan kesiapannya akan membantu dalam mengembangkan Kampung Ibus sebagai kampung budaya jawa dan sebagai desa wisata dengan melakukan pembenahan sekaligus mengaktifkan kesenian dan budaya jawa.

“Siap membantu bila diperlukan demi perkembangan ekonomi msyarakat sekitar,” ucapnya. (CR3)