Pemkot Bandung Akui Belum Ada Solusi, Usulkan Status Darurat Sampah Diperpanjang

Bambang Tirtoyuliono resmi ditunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung. (Foto: Istimewa).

Atas alasan tersebut, kata Bambang, Pemkot Bandung memandang perlu untuk memperpanjang status darurat sampah. “Kami ingin memperkuat upaya penanganan bukan hanya dalam jangka pendek, tetapi juga dalam perencanaan jangka menengah dan jangka panjang,” tambahnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa pendekatan jangka panjang ini sangat penting, mengingat Kota Bandung merupakan sebuah kota besar dengan permasalahan sampah yang kompleks.

Baca Juga:  Aksi Begal Payudara di Bogor Terekam CCTV, Ternyata Seorang Duda

Oleh karena itu, Bambang mengaku khawatir jika tidak diatur dengan baik, kondisi darurat sampah di Kota Bandung dapat terulang kembali.

“Penanganan yang mencakup jangka pendek, menengah, dan panjang memiliki kepentingan khusus karena kita berada di dalam wilayah perkotaan. Dalam konteks daerah perkotaan, masalah sampah ini memiliki karakteristik yang sangat khusus, dan jika tidak direncanakan dengan baik mulai dari penanganan jangka pendek hingga panjang, maka ini berpotensi untuk berulang,” paparnya.

Baca Juga:  Bandung Darurat Sampah, Pemkot Percepat Operasional TPS Sementara di Gedebage

Masih menurut Bambang, Pemkot Bandung sedang berkomunikasi dengan pemprov untuk meminta perpanjangan status darurat sampah di Kota Bandung.

“Dalam situasi di mana sampah belum dapat ditangani di Kota Bandung, kami merasa perlu untuk mengajukan permohonan perpanjangan masa darurat ini,” tandasnya. (red)

Baca Juga:  Jakarta dan Makassar Masuk Daftar Kota Pintar Dunia, Bagaimana dengan Bandung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News