Perhatian bagi Pengendara! Ini 63 Titik Rawan Jalur Mudik di Jawa Barat

Polda jabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS │ BANDUNG – Polda Jawa Barat (Jabar) memprediksi terdapat sekitar 63 titik rawan bencana seperti banjir, longsor, pohon tumbang, hingga jalan amblas di Jabar pada periode mudik tahun 2024. Titik-titik rawan tersebut tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jabar, yang perlu diwaspadai oleh para pemudik.

Baca Juga:  Pemkab Karawang Anggarkan Rp7 Miliar untuk Rehab 22 SMP Negeri, Ini Daftar Sekolahnya

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules A. Abast, menjelaskan bahwa hasil pemetaan menunjukkan adanya sekitar 63 titik rawan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Jalan Ir H Djuanda dan Gedebage di Kota Bandung, Jalan Raya Tajur dan Simpang Mbah Dalem di Kelurahan Batutulis di Kota Bogor, serta Jalan Raya Parung dan Jalan Raya Leuwiliang di Kabupaten Bogor.

Baca Juga:  Polda Jabar Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kasus Pembunuhan di Subang

Langkah antisipasi telah disiapkan oleh pihak kepolisian dengan memasang banner atau baliho berisi imbauan di titik-titik yang dinilai rawan terjadi bencana. Koordinasi juga dilakukan dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan alat berat di titik-titik rawan longsor.

Baca Juga:  Prabowo Cawapreskan Sandiago Uno, Demokrat: Langgar Kode Etik Koalisi

Jules menegaskan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan pemudik saat melintasi jalur yang dinilai rawan. Banjir, longsor, dan jalan amblas merupakan ancaman yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kerusakan kendaraan dan kecelakaan lalu lintas.