Jabar Masuk Kategori Kerawanan Tinggi, Polda Kerahkan Belasan Ribu Pasukan

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengecek kesiapan personel
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengecek kesiapan personel. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyiapkan sebanyak 19.475 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Ops Mantap Brata Lodaya tahun 2023-2024.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus menegaskan, fokus pengamanan ini adalah pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ajak Bundo Kanduang Rantau Jabar Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Ancaman Resesi

Menurutnya, pengerahan personel ini akan disesuaikan dengan tahapan pemilu dan tingkat kerawanan. Dalam hal ini, Provinsi Jawa Barat masuk dalam kategori kerawanan tinggi berdasarkan indeks kerawanan Pemilu dari Bawaslu, dan berada di peringkat keempat.

Baca Juga:  Pernyataan Bupati Bandung Soal Event Rancaupas Camping Disebut Rusak Lingkungan

“Dalam penggunaannya ini disesuaikan dengan tahapan Pemilu dan tingkat kerawanan. Jadi indeks kerawanan Pemilu dari Bawaslu ada lima provinsi yang masuk kategori kerawanan tinggi, salah satu di antaranya adalah Provinsi Jawa Barat yang masuk dalam rangking empat berdasarkan penjelasan Bawaslu Jabar,” tegasnya.

Baca Juga:  Dishub Jabar Dirikan 283 Posko Selama Nataru di Lokasi Rawan

Meskipun terdapat kerawanan, Wiyagus optimistis bahwa Pemilu tahun depan akan berjalan aman, seperti halnya penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berlangsung kondusif. Ia berharap situasi keamanan pada 2024 akan lebih baik daripada 2019.