PLN Lakukan Penguatan Sistem Kelistrikan Lewat SUTT Kesugihan-Gombong

PLN Lakukan Penguatan Sistem Kelistrikan Lewat SUTT Kesugihan-Gombong. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) terus melakukan penguatan sistem kelistrikan termasuk kepada sistem yang sudah beroperasi. Terbaru, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) berhasil menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring atau penggantian kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Kesugihan – Gombong.

Baca Juga:  PLN Berhasil Jaring Belasan Kerja Sama Global dalam COP28

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan penggantian kabel ini akan berdampak pada kenaikan kapasitas arus yang semula 600 Ampere dan mampu membawa daya sebesar 124 Mega Watt (MW) menjadi 1200 Ampere sehingga mampu membawa daya hingga 249 MW.

Baca Juga:  PLN Setorkan Dividen dan Pajak ke Negara, Jumlahnya Capai Puluhan Triliun

Menurutnya, dampak dari peningkatan kapasitas tersebut akan semakin memperkuat sistem kelistrikan daerah yang disuplai.

“Melalui penggantian kabel ini akan memberikan peningkatan keandalan sistem kelistrikan, khususnya di Jawa Tengah ini. Rekonduktoring ini pun menjadi langkah kami dalam mempersiapkan diri saat nanti terjadi pertumbuhan beban kelistrikan,” jelas Djarot.

Baca Juga:  Muhammad Yusuf Kalah Pamor, Warga Hanya Tahu Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman

Proses energize ini dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan test and commisioning berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif).