Hadir Dalam Forum Go Digital Pengusaha NU, Ini Pesan Ketua PW HPN Jabar

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua PW Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Jawa Barat Asep Syaripudin mengapresiasi Business Forum bertema ‘Go Digital’ yang diselenggarakan PP HPN di Uluwatu, Badung, Bali pada 26-28 Maret 2021, yang akan mendorong “melek digital” untuk kalangan pengusaha nahdliyin/NU.

“Sudah saatnya pengusaha nahdliyyin untuk melek digital pada era globalisasi saat ini, karena itu saya sangat mengapresiasi dan bangga dengan langkah HPN yang berupaya untuk memasifkan pemanfaatan inovasi teknologi digital dalam aktivitas ekonomi melalui Business Forum bertema ‘Go Digital’ di Bali,” kata Asep Syaripudin di sela-sela pelaksanaan Business Forum dan Mukernas HPN di Bali, Sabtu (27/3/2021) malam.

Sebelumnya (27/3/2021), Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutan pembukaan secara virtual pada Business Forum HPN itu dari Kediaman Resmi Wapres di Jakarta, menegaskan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi langkah HPN yang berupaya untuk memasifkan pemanfaatan inovasi teknologi digital dalam aktivitas ekonomi (digitalisasi ekonomi) anggotanya di kalangan NU.

Baca Juga:  Yana Mulyana Tegaskan Imunisasi Polio bagi Balita Wajib!

“HPN sebagai wadah berhimpun pengusaha ultramikro hingga pengusaha besar harus dapat memanfaatkan inklusivitas teknologi digital dalam mendorong kemitraan antara usaha kecil dan besar agar keduanya mampu tumbuh bersama,” katanya saat menyampaikan sambutan kunci secara virtual pada Business Forum HPN itu.

Menurut Asep Syaripudin yang juga Ketua Umum DPP Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) itu, mau atau tidak mau, dan suka atau tidak suka, bila HPN tidak beradaptasi dengan era digitalisasi akan tergerus habis ditelan zaman.

“Pengusaha yang mempertahankan usaha dengan pola kolonial akan mati karena menerapkan pola lama, kita sekarang harus berani berpikir out of the box dengan melakukan update strategi dengan medsos,” ujarnya.

Pada masa kini, tambahnya, promosi itu berbiaya sedikit, karena berbeda dengan masa lalu yang perlu spanduk dan biaya ini-itu yang mahal, namun kini hanya biaya memasukkan lewat medsos itu, maka pemasaran barang sudah menjangkau ke seluruh dunia dengan biaya murah,” katanya.

Baca Juga:  Festival Dulag Meriahkan Malam Takbiran di Purwakarta

Selain saat menuju digitalisasi, lanjutnya, maka kini juga saatnya berkolaborasi, kerja sama dengan berbagai pihak.

“Saat ini, kalau mau sukses dan hebat sendirian itu akan lewat atau tertinggal. Jadi, anggota HPN harus memulai digitalisasi dan kolaborasi mulai saat ini juga,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Nasional DPP Hebitren yang juga pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ), Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, KH Abdul Hamid Wahid, menilai kegiatan HPN yang fokus pada penggarapan dunia digital itu merupakan “titik tekan” yang sangat penting bagi bangsa dan negara, khususnya bagi warga nahdliyyin.

“Kegiatan ini akan memberi kontribusi bagi bangsa dan negara, karena karakteristik dasar dari perkembangan globalisasi itu erat kaitannya dengan digitalisasi. Jika berhasil akan menjadi kontribusi penting bagi semuanya, apalagi pasar digital masih terbuka luas,” kata Hamid Wahid yang juga Rektor Unuja (Universitas Nurul Jadid) Paiton, Probolinggo itu.

Baca Juga:  Waduh! Ada Ribuan Pelanggar di Karawang yang Terciduk ETLE

Secara terpisah, Ketua Umum PP HPN Abdul Choliq menjelaskan Forum Bisnis dan Mukernas HPN di Bali itu memang dibuka Wapres secara virtual pada 26 Maret 2021 pukul 20.00 WIB. Acaranya juga dihadiri Ketua Umum PBNU, Ketua APJII, dan CEO PT Huawei Tech Investment yang akan memberikan sambutan dalam acara secara virtual dan offline.

“Tanggal 27 Maret 2021, acara dilanjutkan dengan Bussines Digital Forum yang melibatkan Huawei, BNI, APJII, Link Net, dan Muslimapp.id, yang intinya membahas industri/infrastruktur digital, kemudian hari terakhir pada 28 Maret 2021 akan diisi dengan Mukernas HPN yang dihadiri pengurus HPN se-Indonesia,” katanya. (Red)