Resmikan Koramil Takokak di Cianjur, Pangdam III Siliwangi: Strategi Konseptual Pertahanan Darat

JABARNEWS | CIANJUR – Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, Koramil merupakan bagian penting dari kerangka strategi konseptual dari tugas TNI AD di bidang pertahanan darat.

“Berfungsi sebagai ujung tombak pembinaan perlawanan rakyat untuk mendukung ketahanan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto saat menghadiri dan sekaligus meresmian Koramil 0608-19/Takokak Kodim 0608/Cianjur, Sabtu 2 Oktober 2021 kemarin.

Agus Subiyanto mengatakan, Kabupaten Cianjur saat ini memiliki 32 Kecamatan, enam Kelurahan, serta 354 desa. Sementara itu, jumlah Koramil ada baru 18 buah ditambah 1 Koramil baru diresmikan ini yaitu Koramil 0819/Takokak.

Baca Juga: Dekranasda Jajaki Pasar UMKM di Papua, Atalia Praratya: Makanan Khas Jabar Sangat Diminati

Baca Juga:  Pemkot Bandung Dukung Penuh Pelaksanaan Liga Santri Nasional 2017

“Sehingga menjadi 19. Idealnya, Kabupaten Cianjur atau wilayah Kodim 0608/Cianjur ini memiliki 32 Koramil,” terangnya.

Masih ujarnya, berdirinya Koramil 0819/Takokak ini, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi TNI dengan Forkopimda. Dan, bisa lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Apalagi, saat ini TNI menjadi salah satu garda depan dalam langkah pencegahan penularan Covid-19,” imbau Pangdam III/Siliwangi.

Baca Juga: 112 Menwa Mahawarwan Lulus Uji Mental dan Fisik , Prof Obsatar Sinaga Sampaikan Hal Ini

Dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Cianjur beserta seluruh komponen ada di wilayah Cianjur. Karena telah banyak membantu dalam pembentukan dan pembangunan kantor Koramil 0819/Takokak Kodim 0608/Cianjur.

Baca Juga:  Hasil Tes Acak PTM di Kota Bandung, 229 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

“Semoga koordinasi dan sinergi antara TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur telah terjalin saat ini dapat tetap dipertahankan,” ujarnya.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto menambahkan, kepada Danramil 0819/Takokak beserta jajarannya.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Harap Wisata Kuliner Mampu Tigkatkan PAD Jawa Barat

“Saya perintahkan untuk merawat dan memelihara bangunan ini agar dapat memiliki usia pakai lama,” pungkasnya.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dilanjutkan peninjauan gedung Koramil. Selanjutnya, sekitar pukul 10.40 WIB dilakukan penanaman pohon di depan Koramil 0608-19 Takokak.

Baca Juga:  Hari Ini, Hasil Ujian Nasional Diumumkan

Selain meresmikan koramil baru, pangdam dan jajarannya melanjutkan kegiatan dengan pemberian santunan kepada dhuafa dan anak yatim serta pembagian sembako kepada warga. Kegiatan juga dilanjut dengan peninjauan vaksinasi di GOR Desa Pesawahan.

Baca Juga: Tiga Cara Untuk Mendapatkan Ukuran Dapur Minimalis

Hadir peresmian Koramil Takokak tersebut, Danrem 061/SK Brigjen TNI Ahmad Fauzi, Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, Danyonif R 300/Bjw Letkol Inf Jani Setiadi, Bupati Cianjur H. Herman Suherman, dan Wakapolres Cianjur Kompol Ali Rais.

Pada pukul 12.28 Wib Pangdam III/Siliwangi beserta, rombongan selanjutnya menuju ke Taman Makam Pahlawan dalam rangka ziarah dan penanaman pohon. (Mul)