Pasanggiri Jaipong Bentang Bandung, Upaya Lestarikan Seni Sunda

– Salah satu fungsi digelarnya event kegiatan seni Pasanggiri Jaipong Bentang Bandung adalah sebagai bentuk upaya mengenalkan dan melestarikan kesenian khas Sunda di kalangan anak muda di Kota Bandung.

JABARNEWS | BANDUNG – Salah satu fungsi digelarnya event kegiatan seni Pasanggiri Jaipong Bentang Bandung adalah sebagai bentuk upaya  mengenalkan dan melestarikan kesenian khas Sunda di kalangan anak muda di Kota Bandung.

Hal ini diutarakan Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan saat hadir dalam acara Pasanggiri Jaipong Bentang Bandung yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung bekerjasama dengan para seniman , di Teras Sunda Cibiru, Sabtu (29/01/2022).

Baca Juga:  HAN 2021, Sebanyak 1.020 Anak Dapat Remisi dari Kemenkumham

Tedy mengapresiasi  positif kegiatan penyelenggara Pasanggiri ini dan event tersebut kata dia, sebagai bentuk  upaya mempertahankan kesenian tradisional Sunda kepada kalangan muda di era sekarang.

“Dalam event Pasanggiri yang diikuti lebih dari 150 peserta ini  menampilkan seni tari Jaipong kepada kalangan muda di Kota Bandung. Saya turut bangga atas kegiatan ini, saya melihat banyak adik-adik yang berpartisipasi di sini sangat antusias dan semangat untuk menampilkan yang terbaik,” ucapnya.

Baca Juga:  Polda Jabar akan Tindak Tegas Distributor Jika Berani Timbun Minyak Subsidi

Tedy berpendapat, peran orang tua menjadi hal yang penting dalam upaya pengenalan dan kelestarian kesenian tradisional.  Atas dasar itu, orang tua seharusnya  lebih aktif memperkenalkan budaya tradisional kepada anak anaknya.

Baca Juga:  Pasca Kenaikan BBM, Ridwan Kamil Pastikan Harga Sembako Masih Stabil

“Jangan sampai di masa mudanya, anak-anak kita terlalu fanatik dengan budaya luar yang secara nilai dan norma jauh dari tuntunan moral yang nenek moyang wariskan kepada kita semua,” ujar Tedy. **