• Sabtu, 23 Oktober 2021

Ribuan Keping KTP Elektronik Berchip Dibakar, Ini Penjelasan Disdukcapil Kota Cimahi

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:17 WIB
Disdukcapil Kota Cimahi membakar hangus ribuan keping KTP. Langkah tersebut dilakukan untuk pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Disdukcapil Kota Cimahi membakar hangus ribuan keping KTP. Langkah tersebut dilakukan untuk pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

JABARNEWS | CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi memusnahkan ribuan keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Rabu 13 Oktober 2021.

Pemusnahan dengan cara dibakar itu dilakukan untuk KTP-el yang rusak atau invalid. Hal itu sesuai dengan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, jumlah KTP-el yang dimusnahkan ialah sebanyak 3.924 keping. Sebanyak 2.163 keping di antaranya rusak.

Baca Juga: Pesta Miras Oplosan Berujung Maut di Tasikmalaya Ternyata Pakai Bahan dari Laboratorium

Selain itu, ada 8 keping KTP-el gagal cetak, 1.000 keping KTP-el berubah elemen, 621 keping KTP-el warga yang pindah datang, serta 122 keping KTP-el gagal encode.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi, Rosi Desrita mengatakan, semua KTP-el yang dimusnahkan tersebut sudah tidak terpakai lagi. 

Pasalnya, semua pemiliknya sudah mengantongi KTP-el yang baru, sesuai dengan pengajuan dari warga yang bersangkutan.

Baca Juga: Santri Bakar Sampah, Dapur Pesantren di Kota Sukabumi Hangus Dilalap Api Kebakaran

"Jadi memang kalau KTP yang invalid kayak gitu ada penggantian, kemudian yang lamanya harus dimusnahkan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X