Ngabaso Urat, Sonya Fatmala: Produk UMKM Bandung Barat Akan Dipajang di IKEA

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat akan menempatkan hasil produksi UMKM dan pengrajin di tempat yang representatif.

Dekranasda Bandung Barat dengan mengarahkan serta mengkurasi produk hasil UMKM, sebelum kemudian bakal ditempatkan di galeri Dekranasda.

Ketua Dekranasda Bandung Barat Sonya Fatmala mengaku akan mengunjungi para pelaku UMKM secara rutin melalui wadah silaturahmi khusus.

Baca Juga: Lawan Bhayangkara FC, Persib Gunakan Jersey Ketiga Berwarna Hitam

“Nama programnya Ngabaso Urat (Nganjang Pengrajin Bareng Teh Sonya Untuk Bandung Barat) ini bertujuan sebagai wadah silaturahmi para pengrajin yang ada di Bandung Barat,” kata Sonya Fatmala, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga:  Usai Lebaran, 106 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi dalam Sehari

Sonya Fatmala menambahkan, Dekranasda Bandung Barat akan bekerja sama dengan pihak IKEA Kota Baru Parahyangan untuk merangkul para pelaku UMKM dan pengrajin. 

Dengan begitu, hasil produksi para pelaku UMKM dan pengrajin di Bandung Barat diharapkan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Inilah Resep Makanan Roti Pita ‘Bread Khubz’ Yang Memiliki Aroma Sedap

“Nantinya kita menyediakan galeri sebagai wadah hasil karya para pengrajin dan UMKM yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Tentunya produk-produk bisa dipajang di IKEA tetapi harus lolos kurasi terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca Juga:  PSBB Proporsional di Jabar Diperpanjang hingga 31 Mei 2021

Sonya Fatmala mengakui, dampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini sangat terasa oleh para pelaku UMKM. Oleh karena itu, Dekranasda Bandung Barat berkewajiban moral untuk membantunya.

“Kami dari Dekranasda berkeliling di wilayah Kabupaten Bandung Barat untuk mencari potensi-potensi yang bisa kita angkat dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki produk agar bisa bersaing dalam segi pemasaran,” katanya.

Baca Juga:  Ancam Keselamatan, Warga Robohkan Bangunan Sarang Walet di Cianjur

Baca Juga: Di Kota Cimahi Pembuatan KK Pasutri Nikah Siri Trennya Lagi Naik, Syaratnya Mudah?

Sonya Fatmala berharap, kegiatan Ngabaso Urat tersebut bisa berjalan lancar dan menyasar seluruh pengrajin yang ada di Bandung Barat. Dengan begitu, produk serta pengrajin unggulan di Bandung Barat akan terus berkembang dan maju.

“Saya berharap ini akan merangsang para UMKM lainnya untuk ikut berkembang. Karena UMKM diharapkan menjadi lokomotif pembangkit ekonomi negeri ini,” kata Sonya Fatmala.***