Soal Lahan Bekas TPA Leuwigajah, Yana Mulyana Bicarakan Rencana Untuk Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat berencana mengalihfungsikan lahan eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, yang sudah tidak dioperasikan sejak tahun 2005.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana  memastikan aset pemerintah kota yang berupa lahan bekas TPA Leuwigajah tidak akan digunakan sebagai tempat penampungan sampah lagi.

“Kalau mau itu (jadi TPA lagi) dampak sosialnya juga enggak sederhana ya, karena trauma dulu, meskipun kalau dilihat jalannya agak mirip-mirip seperti ke TPA Sarimukti ya,” kata Yana di lahan eks TPA Leuwigajah di Kota Cimahi, Senin 22 November 2021.

Baca Juga:  Dicari 5000 Petani Muda Jabar untuk Diberi Modal, Kata Ridwan Kamil

Baca Juga: Ternyata Ini Perbedaan Nyeri Dada Akibat GERD Dengan Serangan Jantung Menurut dr. Decsa Medika Hertanto

Baca Juga: PPKM Akhir Tahun, Kabupaten Bandeng Berencana Terapkan Ganjil Genap Kendaraan

Aset pemerintah kota berupa lahan seluas 46 hektare itu, menurut dia, bisa dialihfungsikan menjadi lahan pertanian atau perkebunan guna mendukung upaya pewujudan ketahanan pangan.

Baca Juga:  Kapolri Listyo Sigit Berkomitmen Ikut Kawal Pemulihan Ekonomi Nasional

Baca Juga: Yuk Simak! Cara Merawat Kucing Himalaya Agar Tetap Sehat

Baca Juga: Polisi Tangkap Pria Timur Tengah Penyiraman Air Keras Pada Wanita Cianjur

“Makanya kita lihat dulu batasannya, kita lihat ini subur juga ya, lebih untuk ketahanan pangan lah ya,” kata Yana.

“Nanti kita ajak dinas pertanian atau peternakan ya, apakah nanti mau (buat peternakan) sapi atau mau apa, kita lihat lah,” ia menambahkan.

Baca Juga:  Sejarah Copa Del Rey Serta Perselisihan Antar Klub

Ia mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Bandung juga bisa menggandeng pemerintah daerah lain di wilayah Bandung Raya untuk memanfaatkan lahan eks TPA Leuwigajah guna mendukung upaya pewujudan ketahanan pangan.

“Kita lihat yang punya kita aja, kita kan belum tahu ya. Tapi kita kalau mau ngobrol (dengan pemerintah daerah lain) ya mungkin aja ya, karena ini lahan ini terbagi,” kata dia.