Pria di Purwakarta Ini Sulap Limbah Kulit Ikan Jadi Kerajinan, Harganya Lumayan Tinggi

Perajin kulit ikan di Purwakarta, Dasjianto saat menunjukkan hasi kerajinan dari bahan limbah kulit ikan. (Foto: Gin/JabarNews).

Ia yang juga ditunjuk untuk mengajarkan keahliannya kepada pelajar maupun karang taruna, Dasjianto menyebut hampir semua jenis ikan bisa di manfaatkan, apalagi ikan yang memiliki motif di kulitnya itu menjadi acuan sebagai karya seni.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Ringkus Lima Pelaku Curanmor, Satu Orang Dihadiahi Timah Panas

“Ikan bobot lebih dari satu kilo memudahkan kita memanfaatkan kulitnya. Kalo jenis ikannya banyak, kayak ikan patin, ikan gurame, ikan nila dan lainnya,” Beber Dasjianto.

Hasil karya yang sudah berhasil ia ciptakan mulai dari gantungan kunci, gelang, tas selendang, sabuk, dompet hingga wadah serbaguna.

Baca Juga:  Sah! Jokowi Teken PP Kebiri Untuk Predator Anak

Dasjianto juga menunjukkan proses pembuatan wadah serbaguna, pertama ia pilih motif kulit, lalu ia tempel menggunakan perekat agar memiliki lebar yang cukup, kemudian ia lapisi dengan kertas khusus dan dibuat kerangka sesuai karya yang ingin dibuat.

Baca Juga:  Memasuki Masa Tenang, Bawaslu Purwakarta Imbau Hal Ini

Setelah dipotong langkah selanjutnya ia rekatkan hasil potongan sketsa dan diakhiri dengan menempelkan kancing sebagai penguat hasil karyanya.