Psikolog Ungkap Manfaat Bersepeda ke Sekolah Tingkatkan Konsentrasi Belajar dan Kebahagiaan

Ilustrasi kegiatan bersepeda menyehatkan badan. (Foto: Istimewa)

BANDUNG | JABARNEWS – Selain menyehatkan, kegiatan bersepeda diyakini berdampak positif pada peningkatan kemampuan konsentrasi belajar, motorik hingga kebahagiaan untuk pelajar.

Tak hanya itu saja, bersepeda juga mendorong kebiasaan positif serta mampu menumbuhkan nilai-nilai karatkter para pelajar. Hal ini dikatakan Psikolog Klinis Anak dan Remaja Melissa Luckyanti.

Baca Juga:  Carita Rayat Garut: Sasakala Gunung Guntur

Dia menerangkan, bersepeda dapat berdampak baik pada kemampuan konsentrasi saat belajar, kemampuan motorik dan kebahagiaan. Saat mengayuh pedal sepeda maka dapat meningkatkan aliran darah sehat yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak.

“Hal ini dapat merangsang otak untuk meningkatkan produksi hormon serotonin, norepinefrin, dan dopamin, serta meningkatkan transmisi informasi antara berbagai bagian tubuh dengan cerebral cortex. Sehingga memunculkan perasaan senang, meningkatkan fokus dan mempercepat reaksi otot,” katanya, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga:  Menggembleng Calon Atlet Nadional Di Perguruan BKC Purwakarta

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bersepeda, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari dari kematangan motorik anak untuk mengayuh pedal, jarak tempuh, fasilitas jalan yang aman untuk pesepeda. Selanjutnya, perlengkapan keamanan selama bersepeda, tempo atau ritme mengayuh yang konstan, serta edukasi aturan ketika berada di jalan.

Baca Juga:  Tak Sesuai Skema di Jawa Barat, Pencabutan PTM di Cianjur Jadi Polemik