Puluhan ODGJ di Cianjur Dievakuasi ke RSJMM Bogor, Ini Tujuannya

ODGJ Cianjur
ODGJ berat Cianjur berhasil dievakuasi masal untuk diobati di (PKJN-RSJMM) Bogor. (Foto: Mul/JabarNews).

Hal lain diutarakan salah satu penanggung jawab PKJN-RSJMM, Iyep Yudiana mengatakan memberikan edukasi kesehatan jiwa dihadapan sekitar 250 peserta hadir, sebelum seluruh ODGJ dilakukan evakuasi ke RSJMM.

Terakhir, Iyep menambahkan berhasil memeriksa 38 ODGJ yang hadir dilokasi kegiatan dan menetapkan 26 ODGJ untuk dilakukan evakuasi guna mendapatkan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di PKJN-RSJMM, sedangkan ODGJ yang lainnya tidak dilakukan perawatan jiwa.

Baca Juga:  Polres Karawang Kembali Puluhan Motor Hasil Sitaan

“Karena indikasi rawat fisik atau komorbid, BPJS tidak aktif dan ODGJ tidak mendapatkan ijin untuk dirawat ke PKJN-RSJMM Bogor dari penanggung jawabnya pasien,” tutupnya.

Diketahui, dimana 38 ODGJ bersama keluarga dan pendampingnya dari berbagai kecamatan dan puskesmas juga yayasan atau Lembaga Kesejahteraan Nasional (LKS) se-Cianjur, tumpah ruah memenuhi area gedung PGRI, guna mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan jiwa, pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ berat se-Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  Bupati Cianjur: Jangan Sampai Kasus ASN Berlibur ke Pangandaran Kembali Terjadi

Sekitar 250 peserta terdiri dari keluarga, penanggung jawab, pendamping, PSM, TKSK, Polisi, TNI, puskesmas se-Cianjur, Kecamatan Sukaresmi, desa di Sukaresmi, Dinas Kesehatan (Dinkes), Yayasan Pulih Jiwa, Yayasan Yapika, Yayasan Rumah Ceria Repok, Forum Kabupaten Cianjur Sehat (FKCS), Komunitas Relawan ODGJ dan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa dari Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor. (Mul)

Baca Juga:  Banjir Terjang Rancaekek Bandung, Satu Warga Meninggal Terbawa Arus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News