Puluhan Warga Purwakarta Berebut Kursi DPRD Jawa Barat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dari 97 bacaleg DPRD Provinsi Jawa Barat untuk Dapil Jabar X. 31 bacaleg diantaranya tercatat sebagai warga Purwakarta.

Untuk Pemilu 2019, ada Delapan kursi yang diperebutkan oleh puluhan bacaleg dari daerah pemilihan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta itu.

Sementara, pada Pemilu 2014 lalu, dari 7 kursi di dapil tersebut 4 kursi diisi oleh anggota dewan yang berasal dari Purwakarta. Yaitu; Saipudin Zukhri dari PKB, Iis Turniasih dari PDIP, Toto Purwanto Sandi dari Partai Demokrat dan Rustandie dari Partai Nasdem.

Dilansir dari keputusan KPU Jawa Barat Nomor 168/PL.01.4-Kpts/32/Prov/VIII/2018 Tentang Penetapan Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Pada Pemilu Tahun 2019. Ke 31 bacaleg DPRD Provinsi Jabar Dapil Jabar X yang tercatat sebagai warga Kabupaten Purwakarta diantaranya adalah; Hadi M Musa Said, Saipudin Zukhri dab Lutfi Bamala dari PKB.

Baca Juga:  Abdi Rasa, Program Kapolres Purwakarta Dekatkan Polisi Dengan Warga

Lalu ada, Rumyati dan Dikdik Sukardi yang dicalonkan oleh Partai Gerindra. PDIP mencalonkan Iis Turniasih dan Willman Supondho Akbar.

Sementara, dari Partai Golkar ada Ketua DPRD Purwakarta Sarif Hidayat dan Anggota DPRD Purwakarta Mesakh Supriadi ditambah Yoyo Yahya. Nasdem hanya mencatatkan satu warga Purwakarta atas nama Hasan Munawar.

Dijajaran partai baru, Partai Berkarya menyodorkan, Empat pilihan warga Purwakarta, diantaranya; Ahmad Wardaya Anom, Neng Ratnawati, Suseno Nugroho dan Melinda Puspitasari. Untuk PSI ada nama Charles Donerzone Sirait dan Pratiwi Putri Rosadi.

Baca Juga:  Berikut Jadwal Buka Puasa dan Sholat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Kamis 30 Maret 2023

Untuk Partai Perindo dan Partai Garuda, tidak ada tercatat bacaleg yang berasal dari Kabupaten Purwakarta.

Dari PKS ada Supriyatna dan Tokoh Buruh Purwakarta, Fuad BM yang maju mencalonkan anggota dewan provinsi. PPP mencatatkan nama Tatang Muhyiddien dan M Djihad Ridyana.

Anggota DPRD Purwakarta, Dadang Sudirman maju dari PAN didampingi oleh Sri Galuh Mardianti. Di Partai Hanura ada nama Endang Setianingsih, Endang Ahmad Badrudin, Kiki Hikmat Ismail dan Rohman.

Baca Juga:  Oded M Danial Angkat Suara Soal RUU Minol, Begini Katanya

Kemudian Partai Demokrat menjagokan kembali incumbent, Toto Purwanto Sandi yang didampingi Yadi Supratman dan Agus Arisriatna. Sementara, Partai Bulan Bintang mencatatkan nama Mohamad Ridwan. Dan dari PKPI tidak tercatat nama bacaleg yang berasal dari Kabupaten Purwakarta.

Untuk para calon legistatif, Tita Sopandi (45) Warga Kecamatan Purwakarta berharap jika terpilih di Pemilu 2019 nanti harus lebih menujukan keberpihakannya kepada masyarakat.

“Aspirasi dari masyarakat Purwakarta hendaknya bisa tersampaikan dengan maksimal. Kalau dewannya berasal dari Purwakarta, artinya ya aspirasi warga Purwakarta harus jadi prioritas,” kata Tita. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat