Pungli di SMK Negeri 5 Bandung, Tim Saber Langsung Tindak Lanjut

Ilustrasi Pungli. (Foto: Istimewa).

“Karena ada sebagian orang tua yang sudah membawa uang, terus katanya takut habis uangnya, jadi dititipkan ke kami karena takut habis duluan uangnya. Akhirnya berkembang informasinya seolah-olah dari kami ada pemaksaan, padahal tidak benar,” jelasnya.

Tim Saber pungli meminta keterangan pada sejumlah pejabat di sekolah, termasuk Erwin dan Kepala sekolah atas laporan yang masuk.

Erwin menegaskan tidak ada Operasi Tangkap Tangan (OTT), yang dilakukan oleh tim saber di SMK Negeri 5 Bandung hanya diisi dengan obrolan-obrolan santai.

“Jadi memang enggak ada OTT, karena kami waktu itu ngobrolnya juga santai. Kepala sekolah, saya memang sempat di BAP, tapi masih di lingkungan sekolah. Yang menerima uang pertama dari titipan orang tua juga di BAP, tapi enggak ada yang di-OTT,” ujar Erwin.

Kabar yang menyebutkan bahwa ada uang 40 juta yang diamankan, Erwin membantah hal itu tidak benar adanya memang sebagian uang dari orangtua siswa sudah ada namun diamankan dan diserahkan langsung ke kepala sekolah.