Ramadan Datang, Warga Siapkan Tradisi Ngobrog

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Setiap daerah memiliki tradisi tertentu dalam memeriahkan Ramadan. Masyarakat Kota Cirebon misalnya, memiliki kebiasaan turun-temurun membangunkan makan sahur bagi warga sekitar yang dinamakan Ngobrog.

Ngobrog dilakukan sambil bernyanyi dengan iringan kentongan dan beduk. Kegiatan tersebut biasanya dimulai pada pukul 02.00 WIB. Sambil bernyanyi, puluhan pemuda menghampiri setiap rumah untuk membangunkan warga makan sahur.

Baca Juga:  Gawat! Seni Sandiwara Bobodoran Sunda di Naringgul Cianjur Terancam Punah

Tradisi ngobrog disambut baik warga. Mereka mengaku terbantu dengan kegiatan itu. Warga juga mengaku bangun lebih awal untuk mempersiapkan makan sahur. Ngobrog biasanya akan berakhir menjelang imsak atau waktu dimulainya ibadah puasa.

Baca Juga:  Ini Prakiraan Cuaca Minggu 5 Agustus 2018

Andi (21), warga Sukasari RW 09,  Kelurahan Sukapura, Kota Cirebon, mengatakan, saat ini dia bersama teman-temannya sedang membuat perlengkapan alat musik obrog yang terbuat dari bambu.  Lalu, perlengkapan itu dibuat kentongan dan gentong kecil yang dilapisi karet bekas ban dijadikan bedug.

Baca Juga:  Waduh! Tukang Bubur di Ciamis Terkapar Diseruduk Mobil Ninja Xpress

“Lima kentongan bambu dan 2 bedug dari gentong kecil kita buat untuk alat musik obrog ini. Ada 8 orang yang nanti bertugas untuk membangunkan warga untuk melaksanakan sahur,” katanya. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat