Ratusan Putra Putri Purwakarta Ikuti Rikmin Calon Anggota Polri

Proses seleksi Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Terpadu Calon Anggota Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023 di Mapolres Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

“Polres Purwakarta melaksanakan kegiatan pemeriksaan administrasi awal Calon Bintara PTU, Bintara Brimob dan Tamtama Brimob yang berlangsung selama dua hari terhitung kemarin dan hari ini,” ucap Adi, pada Jumat, 28 April 2023.

Dijelaskannya, dalam seleksi tahapan ini para peserta akan dilakukan pengecekan kesehatan, ukur tinggi badan, dan pemeriksaan berkas-berkas ijazah pendidik pendidikan. Mulai dari berkas SD, SMP, dan SMA dilakukan pengecekan nilai pendidikan.

Baca Juga:  Kasus Ayah Setubuhi Anak Kandung di Depok, Tersangka Terancam 15 Tahun Penjara

“Pemeriksaan ini akan menentukan lanjut tidaknya peserta dalam seleksi tahapan administrasi awal menuju tahapan selanjutnya di Polda Jabar,” Jelasnya.

Adi mengegaskan untuk menjamin transparansi, pelaksanaan Rikmin melibatkan pengawas Internal dan Eksternal Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Purwakarta. Pemeriksaan administrasi dimulai dengan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan sebagai syarat yang harus dipenuhi.

Baca Juga:  Rotasi Pejabat di Pemkab Subang Diduga Ada Indikasi KKN

“Pemeriksaan ijazah dan nilai-nilai raport diperiksa oleh petugas terkait dari Polri. Untuk pemeriksaan Ijazah diperiksa oleh petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, semetara untuk pengecekan keabsahan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta,” ujar Adi.

Baca Juga:  Promosi Judi Online, Selebgram Asal Purwakarta Diringkus Polisi