Ribuan Warga Terjangkit Penyakit TB, Ini Kata Dinkes Purwakarta

penyakit Tuberculosis
Ilustrasi penyakit Tuberculosis. (foto: istimewa)

“Cukup banyak warga di Purwakarta yang terjangkit TB. Jadi sampai saat ini TB menjadi salah satu penyakit yang diwaspadai. Apalagi, penularan penyakit tersebut sangat cepat yang salah satunya menyerang melalui udara,” katanya.

Dalam menghadapi situasi ini, pemerintah daerah mengimbau masyarakat untuk segera memeriksa kondisi kesehatannya, terutama bagi yang memiliki riwayat sesak nafas. Deni menjelaskan bahwa TB termasuk dalam kategori penyakit berbahaya, terutama TB kategori MDR (Multi Drug Resistant).

Baca Juga:  Waduh! Pelajar di Purwakarta Masih Bandel Gunakan Knalpot Brong

“Terkait jumlah penderita TB, angkanya cukup tinggi. Angka kasus tersebut merupakan akumulasi dari kasus-kasus tahun sebelumnya, baik yang berdasarkan temuan jajarannya maupun dari hasil laporan di setiap puskesmas dan rumah sakit,” tambah Deni.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Minggu 24 April 2022

Dari total kasus TB yang tercatat, sebanyak 44 pasien telah didiagnosa menderita TB-MDR. Deni menekankan pentingnya pemeriksaan oleh tim medis untuk mendeteksi TB-MDR guna penanganan yang tepat.

“Penderita bisa didiagnosa TB-MDR, jika sudah diperiksa oleh tim medis. Untuk saat ini, dari 5.607 kasus itu ada 44 pasien yang didiagnosa mengidap TB-MDR,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Karawang Juli 2023, Perusahaan Ini Butuh Karawang Untuk Posisi Operator Produksi

Pemkan Purwakarta terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan TB guna mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News