Ridwan Kamil Akui Program Citarum Harum Belum Berjalan Lancar, Kendalanya Masih Banyak

Gubernur Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bahwa program Citarum Harum belum sepenuhnya berjalan lancar.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa masih banyak kendala-kendala seperti penyediaan lahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terpadu yang ditargetkan selesai di 70 titik, penanganan lahan kritis, hingga kualitas air.

Baca Juga:  Baznas Jabar Targetkan Pendapatan Zakat Rp1,6 Triliun, Ada Instruksi Khusus dari Ridwan Kamil

Kendati demikian, Ridwan Kamil menargetkan Citarum Harum dapat rampung di 2025. Waktu yang tersisa ini diharapkannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh stakeholder terkait, guna mewujudkan Sungai Citarum yang bersih dan layak.

“Kita selalu rutin mengevaluasi, Citarum Harum banyak progresnya, masih otw menuju target di 2025. Kita sudah mengevaluasi, hasilnya masih kurang. Contohnya penyediaan lahan TPS terpadu, itu masih kurang karena masih dibawah 30an. Tapi saya menyemangati, agar tetap semangat, kompak, karena durasinya panjang sampai 2025,” kata Ridwan Kamil usai FGD keberlanjutan Citarum Harum dan Monev bersama 23 Dansektor di Hotel El Royale, Kota Bandung, Senin (5/6/2023).

Baca Juga:  Ridwan Kamil akan Terus Kawal Kebijakan Penghapusan Honorer di Tahun 2023

Terlebih, lanjut dia, Sungai Citarum merupakan wajah Jabar. Sehingga harus dirampungkan, menyusul capaian-capaian baik lainnya yang telah didapat.