Sambut HUT RI Ke-78, Begini Pesan Kepala LLDIKTI IV

Kegiatan LLDIKTI IV Memikat (Mencari Minat dan Bakat). (Foto: Istimewa).

“Atau ada masalah aspek pengelolaan sampah, atau desa tersebut punya potensi wisata menjadi desa wisata dan lain sebagainya,” imbuh Samsuri.

LLDIKTI Wilayah IV pun, kata Samsuri sudah menginisiasi program bersama, dengan nama perguruan tinggi membangun desa. Di mana yang terlibat dalam membangun di satu desa tidak hanya satu perguruan tinggi, tetapi banyak perguruan tinggi.

Baca Juga:  Aksi 3 Menit, Kolaborasi Pemkot Bandung dan Polrestabes Gelar Optimisme Kota Bandung di HUT RI ke-78

Terkadang dalam membangun satu desa, ada perguruan tinggi yang masih memiliki ego tinggi. Seperti di satu desa hanya ada satu perguruan tinggi yang melakukan pendampingan.

Baca Juga:  Unik dan Keren, Berikut 15 Twibbon HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-78

“Tetapi kalau di satu desa ada beberapa perguruan tinggi yang masuk, maka akan saling bertukar informasi juga. Bahkan bisa saling memberikan masukan. Harapannya ke sana kerjasama dengan Pemda itu,” kata Samsuri.

Baca Juga:  Dalam Imendagri Kabupaten Cirebon dan Purwakarta Masuk PPKM Level 4

Saat disinggung mengenai efektifitas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah bergulir beberapa tahun ini, kata Samsuri program yang ada dalam MBKM, seperti pertukaran mahasiswa, mahasiswa magang di industri, mahasiswa melakukan penelitian, itu sangat efektif.