Sampah Tahunan di Jateng Capai 5,5 Juta Ton, PLN UIP JBT Lakukan Ini

Program Bank Sampah di Desa Tunggulpandean, Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) memberikan bantuan berupa Program Bank Sampah di Desa Tunggulpandean, Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara.

Melalui konsep ‘Desa Berdaya PLN’, program ini dijalankan dari bulan Juni hingga Desember 2023. Program ini menjadi salah satu implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN di wilayah kerjanya.

Dalam program ini, PLN tidak hanya memberikan bantuan pembangunan bank sampah saja, melainkan juga termasuk sarana dan prasarana bank sampah, penyuluhan lingkungan, pelatihan terkait hingga studi banding kepada bank sampah lain yang telah berhasil.

Baca Juga:  Pendakian 28 Gunung di Hari Sumpah Pemuda

Sampah kerap kali menjadi masalah utama di suatu daerah. Hal ini terjadi karena pengelolaan sampah yang kurang baik sehingga terjadi penumpukan. Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tercatat pada tahun 2022, Jawa Tengah menjadi provinsi penyumbang sampah terbanyak dengan timbulan sampah tahunan melebihi 5,5 Juta Ton per Tahun atau 15% dari total sampah nasional.

Baca Juga:  PLN Komitmen Salurkan Listrik Andal ke Kawasan Industri Karawang

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menyampaikan langkah ini menjadi salah satu upaya PLN dalam menjaga alam dan lingkungan. Program ini menurutnya juga merupakan upaya PLN untuk menjadikan desa memiliki pengelolaan sampah yang baik, dan diharapkan jdapat menjadi percontohan di wilayah Jepara.

Baca Juga:  Kiat Bank Bjb Tingkatkan Potensi Pendapatan Daerah Secara Digital

Djarot juga menjelaskan pengelolaan sampah harus terus dievaluasi pelaksanaannya. Sampah yang tidak dikelola dengan baik hanya akan menambah permasalahan lingkungan. Namun, sampah yang terkelola dengan baik apalagi bisa memberikan nilai tambah ekonominya justru akan memberikan potensi pendapatan baik itu secara daerah maupun perorangan.