Sebanyak 27 Warga Binaan Lapas Cirebon Dapat Remisi Khusus Natal

JABARNEWS | CIREBON – Sebanyak 27 orang warga binaan umat nasrani di lembaga pemasyarakatan Kelas I Cirebon mendapat remisi khusus perayaan Natal tahun 2020.

“Warga Binaan yang mendapat remisi berjumlah 27 orang. Remisi ini sebagai hadiah bagi warga binaan yang telah melaksanakan kewajibannya dengan sangat baik.” ujar Agus Irianto, Kalapas Kelas 1 Cirebon, Jumat (25/12/2020).

Pemberian remisi khusus bagi umat nasrani itu, diselenggarakan di Ruang Serbaguna Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cirebon. Mengingat kondisi masih dalam Pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga:  Siti Maesaroh Bahagia Usai Motornya Yang Hilang Diantarkan Polisi Purwakarta

Sementara itu, lanjut Agus Irianto, data kapasitas warga Binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cirebon per tanggal 25 Desember 2020 sebanyak 690 orang. Menurutnya jumlah tersebut dinyatakan over load.

“Kapasitas warga binaan di lapas kelas 1 Cirebon seharusnya hanya 550 orang, tapi saat ini ada sebanyak 690 orang, over load sekitar 30 persen,” katanya.

Baca Juga:  MTQ XXXV Jabar Dimeriahkan Pawai Taaruf Dan Kunjungan ke Geopark

Meski over load atau melebihi batas, ia mengaku jumlah tersebut turun dari tahun-tahun sebelumnya. Karena, sebelum ada program asimilasi, lapas kelas 1 Cirebon dihuni lebih dari 700 lebih napi

“Jumlah Napi di kami sudah mulai berkurang, walaupun masih over load. Akan tetapi sudah berkurang dibandingkan sebelum adanya program asimilasi,” ungkapya.

Baca Juga:  Longsor di Tanjakan Mala, Jalur Bandung-Cianjur Tertutup Material Tanah

Lanjut Agus, ia dan beserta jajarannya akan terus meningkatkan pembinaan bagi warga binaan yang ada di Lapas Kelas I Cirebon khususnya pembinaan kerohanian sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi seluruh warga binaan Lapas Kelas I Cirebon.

“Kalo remisi ini sebagai hadiah bagi warga binaan yang telah melaksanakan kewajibannya dengan sangat baik.” katanya.

Penulis: Abdul Rahman