Selama Bulan Mei 2023, Kota Sukabumi Diterjang 11 Bencana Hidrometeorologi

bencana alam
Ilustrasi bencana alam. (Foto: Dok. JabarNews).

Menurut dia, akibat bencana banjir sebanyak 32 bangunan terdampak, tanah longsor sebanyak lima unit dan cuaca ekstrem ada tiga bangunan yang terdampak. Untuk kerugian dampak dari bencana tersebut, mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, pada awal Juni 2023, BPBD mencatat beberapa kejadian bencana, seperti kebakaran dan belum lama ini adalah bencana gempa bumi M5,1 yang berpusat di Kota Sukabumi pada Selasa (6/6/2023) sekitar pukul 14.23 WIB.

Baca Juga:  Pasar Tradisional di Kota Bandung Perketat Prokes saat PPKM level 3

Selain itu, warga pun diminta untuk mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, banjir, tanah longsor maupun cuaca ekstrem. Apalagi dalam beberapa hari terakhir ini wilayah Kota Sukabumi dilanda hujan deras dengan durasi yang cukup panjang sehingga bisa memicu terjadinya bencana.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Mobil di Medan

Masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah dengan tingkat kerawanan tinggi, seperti di sekitar bantaran/aliran sungai dan tebing untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga:  Waspada BMKG Sebut Delapan Kota dan Kabupaten ini Berpotensi Longsor

“Jika terjadi bencana sekecil apapun di daerah masing-masing untuk segera melapor kepada petugas penanggulangan bencana atau instansi terkait lainnya,” tandasnya. (Red)