Siswa SMK di Kuningan Ciptakan Alat Pemanggang Kopi Canggih, Begini Fungsinya

Ilustrasi alat pemanggang kopi (1)
Ilustrasi alat pemanggang kopi. (foto: istimewa)

Keberhasilannya membawanya masuk ke dalam 10 finalis Grand Final AHM Best Student 2023 yang digelar di Jakarta pada 30 Oktober hingga 1 November 2023.

“Inovasi saya muncul dari kegelisahan terhadap proses penyangraian biji kopi dalam bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kedai Kopi di Kuningan, Jawa Barat. Masih banyak yang belum bisa melakukannya secara mandiri,” ungkap Fikri.

Baca Juga:  Ratusan Peristiwa Kebakaran Terjadi di Wilayah Kuningan

Ajang kompetisi AHM Best Student 2023 membagi kategori menjadi dua, yaitu ide dan invensi atau temuan. Dalam kategori Invensi, para siswa harus mempresentasikan karya yang sudah diproduksi, digunakan selama minimal 3 bulan, telah dibuat lebih dari satu unit, dan sudah dijual ke masyarakat.

Baca Juga:  Banjir Bandang Landa Kawasan Penatapan Karo, Jalur Menuju Kawasan Wisata Nyaris Lumpuh Total

Karya tersebut juga harus dapat diuji dampak yang dihasilkan bagi masyarakat berupa produk atau jasa. Prestasi Fikri ini menjadi inspirasi bagi para generasi muda di Jawa Barat dan seluruh Indonesia untuk terus berkarya, berusaha, dan meraih impian mereka.

Baca Juga:  Atalia Praratya Tegaskan Disabilitas Harus Memiliki Hak Pendidikan yang Sama

Dalam komentarnya, General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Handi, menyatakan harapannya bahwa pencapaian ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus berinovasi.