Soal Gempa Garut, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Waspadai Hoaks

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan gempa bumi berkekuatan 6.4 magnitudo di Kabupaten Garut Sabtu (3/12/2022) sore tidak menimbulkan korban jiwa.

Dilaporkan hanya dua orang yang mengalami luka ringan dan sudah mendapatkan perawatan dari petugas puskesmas setempat. Kerusakan yang ditimbulkan gempa pun dilaporkan tidak terlalu berat.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Generasi Muda Tak Tiru Edi Mulyadi, Pakai Iket Sunda tapi...

Melalui akun IG-nya, Gubernur Ridwan Kamil menyatakan sudah menerima laporan dari Pemda Kabupaten Garut, dan isi laporannya tampak tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun Gubernur berpesan kepada masyarakat agar hati-hati dengan misinfiormasi, disinformasi, dan hoaks yang menyesatkan. Misalnya dengan penyebaran video kejadian gempa di Cianjur tapi dilabeli gempa Garut.

Baca Juga:  Ketua KPK Jelaskan Kronologis OTT Nurdin Abdullah Hingga Ditetapkan Tersangka

“Masyarakat agar bijak menyikapi dengan banyaknya informasi hoaks yang melabeli kejadian gempa Cianjur dengan gempa Garut,” kata Ridwan Kamil melalui akun Instagram yang diposting Sabtu (3/12/2022) malam.

Baca Juga:  Banjir Rendam 1.790 Rumah di 5 Kecamatan di Kota Tebing Tinggi

Mengutip rilis Humas Pemdakab Garut, berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, jumlah warga yang terdampak akibat gempa bumi tersebut sebanyak 15 jiwa dari 6 KK di Kecamatan Pakenjeng, Cikelet, Selaawi, dan Kecamatan Cisewu.