Soal Penyakit Flu Singapura, Ini Tanggapan Dinas Kesehatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hadirnya penyakit flu singapura atau virus Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) yang menyerang puluhan anak di Purwakarta belum lama ini, ditanggapi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta.

Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Purwakarta, Eva Lystia Dewi, mengatakan, flu singapura bukan merupakan salah satu penyakit yang kasusnya kali pertama ditemukan di Purwakarta.

“Sebenarnya flu singapura selalu ada, hanya terpecah tidak dalam satu cluster,” kata Eva, saat ditemui awak media di Kantor Dinkes Puwakarta, Rabu (23/5/2018).

Baca Juga:  Kepada Seluruh Kepala Daerah dan Warga, Doni Monardo Sampaikan Ini

Menurutnya, virus flu singapura sendiri sudah terjadi beberapa kasus, hanya saja kasusnya mengalami peningkatan sejak 15 Mei 2018 lalu di Perum Gandasari Purwakarta.

“Ini belum masuk kejadian luar biasa (KLB). Pasalnya, setelah dilakukan pantauan ke lokasi, kami mendata ada sebanyak 11 orang anak yang terjangkit flu singapura tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Nahas! Seorang Pria Di Deli Serdang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Terkait penularan virus, lanjut dia, flu Singapura merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah sekali menular, terutama pada anak usia dibawah 5 tahun yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

“Penularanya bisa melalui tetesan ludah, kontak langsung atau melalui alat yang terkontaminasi sperti alat makan,” jelasnya.

Baca Juga:  Penyelundupan Narkotika dalam Snack Kue Kering Terjadi di Lapas Jelekong Bandung

Meski demikian, tambah Eva, penyakit flu singapura merupakan salah satu penyakit yang tidak mematikan, kecuali si penderita mengalami komplikasi, seperti penderita susah makan atau minum sehingga membuat anak menjadi dehidrasi.

“Gejalanya tidak jauh seperti flu biasa, hanya saja ada tambahan luka di sekitar mulut, tangan dan kaki,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat