Tahun 2021, Kunjungan Wisatawan ke Kota Cirebon Capai 3,6 juta Lebih

Kota Cirebon. (Istimewa)

Pencapaian tersebut juga buah hasil kebijakan pimpinan daerah dan Satgas COVID-19 yang mampu dimaksimalkan para pelaku usaha.

“Hasil ini tidak lepas dari kebijakan pimpinan, sehingga bisa membantu pelaku usaha,” ujarnya. Dari jumlah wisatawan yang datang ke Kota Cirebon, lanjut David, Jakarta menjadi kota asal yang paling tinggi, yakni 25,28 persen, disusul Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) 22 persen, Bandung 9,20 persen dan Bekasi 3,54 persen.

Baca Juga:  Janjikan Perbaikan Rumah Akibat Bencana, Pemkot Tasikmalaya Masih Hitung Besarannya

“Wisatawan asing juga ada, benua Asia paling tinggi mencapai 88,60 persen dari jumlah wisatawan asing yang datang,” lanjutnya.

Sedangkan untuk target tahun 2022, David optimistis, jumlah wisatawan di Kota Cirebon bisa menembus angka 4 juta. Baik dari kunjungan hotel, kuliner, objek wisata dan tempat hiburan.

Baca Juga:  Ajang Fun Futsal Diharapkan Lahirkan Bibit Atlet Unggulan Bandung

Ia juga mengimbau para pelaku usaha bisa memperhatikan standar pariwisata, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE.

Baca Juga:  TKW Asal Indramayu; Ibu Bupati Nina, Tolong Pulangkan Saya

“Apabila pandemi terus melandai dan ada peningkatan aktivitas, maka sektor wisata akan berjalan dengan baik,” katanya. ***