Temui Jokowi dengan Jalan Kaki, Puluhan Purnakarya PTPN IX Jateng Tiba di Cirebon

Sejumlah pensiunan atau purna karya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX Jawa Tengah, tiba di Kota Cirebon. Saat tiba di wilayah Cirebon. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews).

JABARNEWS I CIREBON – Setelah melakukan jalan kaki atau long march dari Pabrik Gula Pangkah Kabupaten Tegal Jawa Tengah, sejak Rabu (2/3/2022) lalu. Puluhan pensiunan atau purna karya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX Jawa Tengah, tiba di Kota Cirebon.

Mereka tetap tekad berjalan kaki dan menemui presiden Jokowi di Istana Negara untuk mengadukan nasib dan menuntut pembayaran hak pensiun Santunan Hari Tua (SHT) dari holding perusahaan perkebunan mereka bekerja selama ini.

Baca Juga:  Marak LSM atau Ormas Minta THR Jelang Lebaran, Polisi Keluarkan Peringatan Begini

Dalam aksinya, mereka sambil membentangkan poster dan keranda mayat sebagai simbol penolakan terhadap kebijakan yang dianggap merugikan mereka.

Dalam tuntutannya banyak para pensiunan dan purnakarya yang selama ini gajinya belum terbayarkan. Bahkan, berdasarkan data yang ada gaji belum diberikan sejak tahun 2018 hingga sekarang. Jika ditotal seluruh pensiunan yang belum terbayarkan mencapai Rp50 miliar lebih.

“Kami hanya menuntut hak yang seharusnya diberikan kepada para pekerja yang selama ini bertahun-tahun mengabdi,” Kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Forum Komunikasi Purnakarya Perkebunan Nusantara, HN Serta Ginting, Sabtu (05/03/2022).

Baca Juga:  Duh Euy, Bobotoh Gak Bisa Nonton Persib di Stadion Jalak Harupat