Terkait Pencegahan Narkoba, FKPAI Temui Kasat Narkoba Polres Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna membahas serta sharing segala permasalahan terkait pencegahan dan pemberantasan Narkoba, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta menggelar kunjungan ke Mapolres Purwakarta, belum lama ini.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan Kepala Satuan Reserse (Kasatres) Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo SH.

“Alhamdulillah, kami (FKPAI, Red) bisa bersilaturahmi langsung dengan Pak Kasat Narkoba. Kami mendapat banyak ilmu dan wawasan terkait program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ujar Ketua FKPAI, Eep Supriyadi, saat dihubungi, Senin (5/11/2018).

Baca Juga:  Ke Cianjur, Erick Thohir Minta Pengusaha Bantu Turunkan Minyak Goreng

Eep menjelaskan, berdasarkan tugas organisasi, FKPAI terbagi menjadi 8 spesialisasi. Di mana, sambungnya, satu di antaranya adalah Spesialisasi di Bidang Bahaya Narkoba dan HIV.

“Karena itu pula di tiap kecamatan terdapat 8 penyuluh FKPAI sesuai dengan spesialisasinya. Atau secara total ada 137 Penyuluh Agama Islam Non-PNS,” kata Eep.

Lebih lanjut Eep menjelaskan, tugas spesialisasi di Bidang Bahaya Narkoba dan HIV di antaranya memberikan penyuluhan di tiap kecamatan terkait bahaya narkoba.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Polresta Deli Serdang Bubarkan Grand Opening AMT 99 Cafe

“Tugas kami ini bersinergi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta,” ujarnya.

Eep pun menegaskan, segala ilmu dan wawasan terkait narkoba yang didapatnya langsung dari Kasat Narkoba itu akan disampaikan ke masyarakat luas.

“Pak Kasat Narkoba juga menyebut kita sebagai agen di masyarakat. Karenanya, kita siap turut menyosialisasikan bahaya narkoba dan menyatakan perang terhadap narkoba,” tegas Eep.

Baca Juga:  Duh! Sampai Mei 2023, Kasus DBD di Bekasi Bertambah Jadi 366 Orang

Ditemui terpisah, Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi tugas FKPAI di mana salah satu Spesialisasinya adalah di Bidang Narkoba.

“FKPAI menyatakan siap bekerjasama dan ini patut dicontoh, karena tak mungkin polisi berjalan sendiri tanpa bantuan berbagai pihak. Dan, FKPAI ini juga menjadi agen dalam rangka perang terhadap narkoba,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat