Termasuk Purwakarta, Tiga Daerah di Jabar Ini Alami Perkembangan Luar Biasa Pembelajaran Merdeka Belajar

BBPMP
Acara Evaluasi dan Apresiasi Capaian Program Prioritas Kemendikbud Ristek 2023. (Foto: Istimewa).

Menurut Sri, anak-anak bisa belajar dari kebiasaan hidup orang tua mereka atau komunitas di mana mereka tinggal. Karena itu kurikulum merdeka jauh lebih sederhana, murah dan familiar.

“Dampak proses belajar yang sumbernya diambil dari kehidupan terdekat siswa, juga akan jauh lebih bermakna. Pelaku pendidikan di daerah dituntut serba kreatif merancang proses pembelajaran seuai dengan kondisi lokal,” ucapnya.

Baca Juga:  Soal Pergantian Wali Kota Bandung, Ini Kata Yana Mulyana

Sri menjelaskan, gotong royong adalah salah satu prinsip pelaksanaan kebijakan merdeka belajar. Upaya pemulihan pembelajaran dan transformasi pendidikan tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

Baca Juga:  Tony Prasetyo Minta Polisi di Sukabumi Jaga Netralitas Polri saat Pemilu 2024

“Peningkatan kualitas literasi dan numerasi bukan cuma urusan guru, tetapi juga kepala sekolah, penilik/pengawas, Dinas Pendidikan, organisasi profesi kependidikan, organisasi-organisasi pemerhati pendidikan baik pemerintah maupun non pemerintah, bahkan mitra-mitra pembangunan dari kalangan perusahaan swasta,” jelasnya.

Sekadar informasi, penghargaan dari BBPMP itu diberikan dalam acara Evaluasi dan Apresiasi Capaian Program Prioritas Kemendikbud Ristek 2023 sekaligus memperingati Hari Guru Nasional 2023 bertajuk ‘Jawa Barat Beraksi Wujudkan Sekolah Transformatif dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar’ yang digelar di Yogyakarta pada 21-24 November 2023.

Baca Juga:  Veteran Terus Berjuang Untuk NKRI