Ternyata Jalan Kaki Banyak Manfaatnya, Simak Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Berjalan kaki memang membuat kaki menjadi pegal apa lagi bagi yang tidak terbiasa dengan berjalan kami. Namun tahukah Anda? Bahwa jalan kaki ternyata memilikk banyak manfaat.

Nah, agar Anda lebih bersemangat untuk jalan kaki, coba cermati sejumlah manfaat jalan kaki yang wajib Anda ketahui berikut ini!

1. Mencegah Osteoporosis – Osteoporosis merupakan kepadatan tulang yang menurun sehingga dapat menyebabkan tulang keropos, rapuh, dan mudah patah.

Penyakit ini biasa dialami oleh orang-orang usia lanjut, tapi juga tidak menutup kemungkinan dialami oleh remaja maupun orang di usia produktif.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Terjunkan Puluhan Personel untuk Pengamanan Imlek

Nah, berjalan kaki terbukti bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang agar tidak mudah rapuh.

2. Menurunkan Berat Badan – Sudah melakukan berbagai macam diet untuk menurunkan berat badan, tapi tak kunjung berhasil?

Nah, coba saja untuk rutin menekuni kegiatan jalan kaki. Salah satu manfaat jalan kaki adalah menurunkan berat badan.

Jalan kaki adalah satu satu olahraga yang membantu memperbaiki respons tubuh terhadap hormon insulin.

Hormon ini sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada tubuh. Di samping itu, aktivitas berjalan kaki juga efektif untuk membakar kalori berlebih pada tubuh.

Baca Juga:  Hari Kelima Operasi Zebra Lodaya, 1.185 Pengendara di Purwakarta Kena Tegur

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga bisa membuat kita terhindar dari sejumlah penyakit, begitupun dengan berjalan kaki.

Jalan kaki selama 30 menit sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh – Selama proses metabolisme berlangsung, kalori di dalam tubuh akan turut terbakar.

Dengan berjalan kaki, Anda telah membantu tubuhmu melancarkan proses metabolisme tubuh. Bahkan, ketika kalori terbakar, Anda juga akan memperoleh manfaat penurunan berat badan.

Baca Juga:  Tiba Sore Ini, Gomez Langsung Evaluasi Tim

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan – Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai hubungan antara manfaat jalan kaki dengan kesehatan saluran pencernaan.

Keduanya ternyata saling berkaitan satu sama lain, lho. Ketika Anda rutin berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan saluran cerna sehingga Anda terhindar dari masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Itulah berbagai manfaat jalan kaki yang wajib banget Anda ketahui. Untuk memperoleh semua manfaat di atas, sebaiknya mulai biasakan diri berjalan kaki setiap hari.

Penulis: Solahudin