Tiga Cara Perawatan AC Rumah Agar Tetap Awet Dan Selalu Dingin

JABARNEWS | BANDUNG – Perawatan Air Conditioning atau Air Conditioner (AC) di rumah merupakan salah satu yang biasa dilakukan untuk menjaga performa dari AC itu sendiri, agar tetap awet dan selalu dingin.

Biasanya, Perawatan AC dilakukan oleh tukang. Namun ternyata perawatan AC juga bisa kita lakukan sendiri. Akan tetapi kalian mesti tetap hati-hati.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara perawatan AC rumah agar tetap awet dan selalu dingin yakni:

Pertama. Bersihkan Panel Unit Indoor AC – Untuk merawat AC rumah agar awet dan selalu dingin yang pertama yakni kalian bisa membersihkan bagian panel indoor AC.

Baca Juga:  10 Ribu Personil TNI-Polri Amankan Asian Games Di Jabar

Caranya, Sediakanlah waktu seminggu sekali untuk membersihkan panel indoor dari unit AC yang kamu miliki. Tidak jarang karena debu yang banyak menempel di panel tersebutlah yang membuat udara dari AC tidak terasa sejuk lagi. Kalian Bisa mengelap bagi tersebut.

Kedua. Cuci dan Lap Filter AC – Cara merawat AC rumah agar tetap awet dan selalu dingin selanjutnya yakni dengan mencuci dan lap filter AC. Filter AC yang kotor merupakan masalah yang paling sering menjadi penyebab AC tidak terasa dingin.

Baca Juga:  Long Weekend Kemarin, PHRI Cirebon: Okupansi Hotel 80 Persen

Kamu juga bisa membersihkan filter AC secara mandiri, setidaknya dalam seminggu sekali. Kamu hanya perlu membuka panel depan unit AC, kemudian melepaskan filter udara dari posisinya. Cuci filter tersebut dengan air mengalir sehingga tumpukan debunya terbuang semua. Setelah itu, lap filter sampai kering sebelum kamu memasangkannya kembali ke unit AC.

Baca Juga:  Jual Sabu 2 Kg ke Polisi, 4 Orang Jaringan Narkoba Asal Asahan Ditangkap

Ketiga. Pemeliharaan Rutin oleh Teknisi – Ada bagian pemeliharaan yang memang bisa kamu lakukan secara mandiri. Namun, ada juga perawatan AC yang memang sebaiknya diserahkan ke teknisi profesional. Contohnya, pembersihan seluruh komponen yang ada pada unit AC, baik pada bagian unit indoor maupun outdoor, sampai pengecekan tekanan freon.

Sebaiknya, kamu melakukan pemeliharaan rutin ini setiap tiap tiga bulan sekali. Pemeriksaan yang rutin bisa membuat AC kamu bertahan hingga bertahun-tahun dengan kualitas udara yang senantiasa sejuk. (Red)