Tuntaskan Gardu Induk Baru di Kawasan Industri Cirebon, PLN Dukung Penuh Pengembangan Perekonomian Daerah

Gardu Induk di Cirebon
Gardu Induk Baru di Kawasan Industri Cirebon. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | CIREBON – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada Gardu Induk (GI) 150 kilo Volt (kV) Kanci.

Proses energize berhasil dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 22 dan 27 Juni 2023. Proses tersebut dijalankan setelah rangkaian tes dan pengujian peralatan (commissioning) berhasil dilalui yang kemudian menghasilkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB).

Baca Juga:  Walah! Polisi Serbu Markas Ormas di Kabupaten Cirebon, Ini Pemicunya

GI yang berlokasi di Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon ini disiapkan PLN untuk mendukung operasional industri di area Mundu dan Astanajapura, serta suplai kebutuhan listrik Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Jabar Mulai Salurkan Bansos untuk Nelayan dan Nakhoda, Simak Syarat dan Cara Mengambilnya Disini!

GI 150 kV Kanci akan beroperasi dengan didukung oleh satu trafo berkapasitas 60 Mega Volt Ampere (MVA), 4 Bay Line, 1 Bay Couple serta 5 Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Incomer sepanjang 1,4 kilo meter sirkit (kms).

Baca Juga:  Duduk Dibelakang Rumah, Pengedar Narkoba Asal Simalungun Ditangkap

Djarot Hutabri EBS, General Manager PLN UIP JBT mengatakan pembangunan GI ini sebagai peningkatan mutu dan keandalan penyaluran tenaga listrik ke konsumen.