UNPAR Jadi Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia yang Selenggarakan Mata Kuliah Asuransi Sosial

Pelaksanaan mata kuliah Asuransi Sosial di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Tantangan besar yang dihadapi oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kepesertaannya salah satunya adalah masih rendahnya literasi masyarakat tentang Jaminan Sosial.

Rendahnya literasi Jaminan Sosial ini menyebabkan masyarakat tidak memiliki motivasi dan kebanggaan untuk ikut serta secara aktif dalam penguatan Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Baca Juga:  Resmi Pimpin Kosgoro Purwakarta, Yogie Mochamad; Insya Allah Partai Golkar Menang

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), sebagai salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, yang telah berdiri sejak tahun 1955, menyadari pentingnya pemberian edukasi formal tentang Jaminan Sosial demi kelangsungan dan penguatan sistem Jaminan Sosial di Indonesia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Bank Bjb Respons Tiga Disrupsi Ini

Oleh karena itu, UNPAR secara resmi telah menyelenggarakan mata kuliah Asuransi Sosial, yang merupakan penyelenggaraan mata kuliah tentang jaminan sosial pertama di Indonesia. Mata kuliah tersebut diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, dengan bobot 2 SKS.

Baca Juga:  Warga Mengeluh Jalan Bunigeulis Purwakarta Rusak Parah

Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi UNPAR Miryam L. Wijaya mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu upaya membantu pemerintah menjalankan program nasional.