Uu Ruzhanul Ulum Harap Udara di Jabar Bersih Melalui Uji Emisi Kendaraan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat membuka Uji Emisi Gratis dan Mencanangkan Kawasan Emisi Bersih di Perkantoran Provinsi Jawa Barat di Parkir Barat Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (25/1/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap program Uji Emsi Kendaraan dan Kawasan Emisi Bersih bisa membawa dampak untuk menekan polusi udara di Jabar.

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, sebanyak 85 persen polusi udara disebabkan oleh kendaraan bermotor, yang akan berakibat tak baik terhadap kesehatan masyarakat, seperti halnya penyakit kanker.

Baca Juga:  DLH Jabar Sebut Aktivitas Pembangunan Berdampak pada Pencemaran Udara

“Diharapkan (uji emisi) tak hanya di Gedung Sate, tapi di seluruh Jabar. Nanti dapat diinstruksikan pada para kepala dinas di masing-masing kota untuk melaksanakan kegiatan seperti ini,” kata Uu Ruzhanul Ulum di Parkir Barat Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga:  Tak Hanya Infrastruktur, TMMD Ke 113 Kodim 0619 Purwakarta Juga Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba

“Selain itu tak hanya di lingkup dinas atau lembaga-lembaga di Pemda Provinsi Jabar, melainkan juga diharapkan di instansi vertikal. Saat ini uji emisi diawali di Bandung,” tambahnya.

Baca Juga:  Jalur Kereta Api Cibatu-Cikajang Garut Akan Segera Diaktifkan

Dengan demikian, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, dalam menjaga ekosistem, kehidupan dan lingkungan supaya tetap asri dan bersih merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah semata.