Uu Ruzhanul Ulum Sebut Digitalisasi Jadi Salah Satu Solusi Dorong Perkembangan UMKM

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meluncurkan aplikasi marketplace Inginapa Indonesia dengan tema Dari Daerah untuk Dunia di Pasar Sandang, Kabupaten Sumedang, Rabu (2/2/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, digitalisasi menjadi salah satu cara efektif mendorong pelaku UMKM di tengah situasi pandemi Covid-19. Dengan digitalisasi, kinerja UMKM diharapkan akan kembali bergairah.

Uu Ruzhanul Ulum melaporkan, berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Jabar, transaksi e-commerce di Jabar tumbuh sampai 59,03 persen pada pertengahan triwulan III Tahun 2021. Angka itu berpotensi meningkat pada 2022.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Tekankan Pentingnya Edukasi Bertani Kepada Anak, Ini Tujuannya

“Berarti tidak menutup kemungkinan tahun 2022 ini akan semakin meningkat transaksi masyarakat dengan dunia digital,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat meluncurkan aplikasi marketplace Inginapa Indonesia dengan tema Dari Daerah untuk Dunia di Pasar Sandang, Kabupaten Sumedang, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga:  Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum Soal Zero Stunting di Jabar

“Perlu juga kami sampaikan bahwa pangsa pasar Jawa Barat, yang memang dunianya dunia digital, dibandingkan dengan provinsi lain yaitu nomor satu Jawa Barat,” tambahnya.

Baca Juga:  Gentong Geulis Hadir di Hari UMKM Nasional

Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, perkembangan pasar digital harus disertai dengan sosialisasi dan edukasi yang masif kepada pelaku UMKM. Maka, ia mendorong Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Sumedang melakukan dua hal tersebut.