Viral Mobil Ambulan Terobos Sistem One Wey di Bogor, Isinya Bikin Kesal Netizen

Ilustrasi mobil ambulans. (foto: ilustrasi)

“Karena kami sudah tekankan ke anggota kalau ada ambulans butuh pengawalan prioritas, akan dikawal. Tapi ternyata setelah diperiksa di dalamnya bukan orang sakit, tapi orang mau berlibur,” kata Iman.

Iman dikhawatir jika ambulans tersebut tidak diberhentikan justru akan membahayakan penumpang dan pengendara lain. Ia menyebut hingga pukul 19.00 WIB nanti, jalur Puncak berlaku one way ke arah Jakarta.

“Alasannya kan ada orang sakit. Kalau memang betul akan dikawal sampai ke rumah sakit. Kami cek juga nomor polisinya tidak diperbaharui, jadi kami terakhir undang-undang lalu lintas,” kata dia.

Sementara Kanit Regident Sat Lantas Polres Bogor Iptu Danny Sutarman yang ikut memberhentikan ambulans tersebut menjelaskan bahwa ambulans tersebut melanggar beberapa peraturan lalu lintas.

“Pertama melawan arus, tidak dilengkapi surat-surat, ketiga tidak ada pengesahan, karena pajak mati tahun 2014, juga menggunakan rotator berwarna merah dan biru, karena sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 bahwa ambulans seharusnya rotator berwarna merah,” kata Danny.