Warga Cirebon Positif Cacar Monyet Usai Berkunjung ke Subang dan Bekasi

Cara penularang cacar monyet. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ SUBANG – Seorang pria berusia 24 tahun asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan positif terinfeksi cacar monyet. Kasus ini muncul setelah pria tersebut melakukan perjalanan dari Subang dan Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah menjelaskan bahwa informasi kasus cacar monyet berawal dari laporan tim surveilans Kota Cirebon yang mendeteksi seorang warga Kabupaten Cirebon sebagai suspek.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Jalur Mudik, Polres Cirebon Kota Siapkan Tim Urai Kemacetan

Tim kemudian melakukan penyelidikan epidemiologi dan pemeriksaan sampel. “Pada Jumat malam kemarin (10/11/2023), hasil sampel tersebut dinyatakan positif. Jadi ada satu orang dengan gejala demam, ada lesi juga,” ujar Neneng seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:  Polisi Tahan Penjaga Warkop di Bekasi yang Nekat Memperkosa Pembeli

Menurut Neneng, pria berusia 24 tahun ini diduga terpapar setelah melakukan perjalanan dari daerah Bekasi dan Subang, di mana dia bekerja sebagai freelancer. Selain itu, pria tersebut juga melakukan kontak erat dengan keluarganya di rumah.

Baca Juga:  Tak Selamanya Bermain Bola, Dado Mulai Rancang Masa Depan

Setelah mendapat hasil positif dari Balitbangkes Jakarta, dia memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dan berbagi ruang kamar dengan anggota keluarga lainnya.