Warga Cisambleng Antusias Ikuti Pelayanan Kesehatan Gratis PZU

JABARNEWS | MAJALENGKA – Ratusan warga Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis guna menikmati gelar Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan.

Tercatat sebanyak 240 warga memadati kegiatan tersebut, acara ini berlangsung sejak pagi dan berakhir sore hari. Minggu (24/11/2019).

Pemerintah desa Cisambeng bekerjasama dengan Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam (Persis) melaksanakan Gerakan Kesehatan Umat (Gerak). Bentuknya pemeriksaan gratis, pemberian makanan tambahan, serta pemeriksaan gratis.

Ketua PD Persis Kabupaten Majalengka, Drs H Acep Saepudin, Med, didampingi Ketua PC Persis Kecamatan Palasah, Arif Mahmud Rofiuddin, mengatakan PZU merupakan bagian dari Ormas Persis sebagai lembaga amil zakat yang menampung dan menyalurkan titipan dan amanah para muzaki atau orang yang rutin menyalurkan zakatnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmi Luncurkan "Tol Langit" Palapa Ring

“Giat ini sebagai bukti bahwa Islam itu ibadahnya tidak hanya shalat saja, tapi Islam rahmatan lilalamin yang saling membantu,” ungkapnya.

Pria yang akrab dipanggil Ustad Acep ini menambahkan, sesungguhnya Islam dan keberadaan ormas Islam seperti Muhamadiyah, Persis dan NU itu hanya organisasi sebagai alat untuk berjuang dengan tujuan yang sama yakni melaksanakan aturan Islam, hanya mungkin ada perbedaan dalam caranya, tapi banyak persamaan karena kitabnya Alquran dan Rasulnya Muhammad SAW.

Baca Juga:  Ribuan Relawan Tangguh Bencana Dikukuhkan di Cianjur

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak kuwu, karena telah memfasilitasi tempat Gerak ini dan terima kasih kepada PZU pusat yang telah melaksanakan kegiatan di Majalengka,” ujar pria yang juga dosen di Universitas Majalengka ini.

Terpisah, Perwakilan dari PZU pusat, Heri Sholehudin menyebutkan Gerak ini merupakan bentuk sinergi program PZU, Persis dan Pemerintahan Desa Cisambeng. Ditegaskannya, PZU merupakan lembaga amil zakat yang secara nasional telah mendapatkan SK Kementrian Agama tahun 2016.

“Ini sebagai bentuk layanan sosial kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC Persis Kecamatan Palasah, Arif Mahmud Rofiuddin menjelaskan dari target 200 peserta yang mengikuti kegiatan Gerak ini membludak hingga mencapai 240 peserta. Ratusan warga antri mengikuti edukasi dan sosialisasi kesehatan oleh dr Iman Nugraha MKes.

Baca Juga:  Mahasiswa UMSU Medan Tenggelam di Sungai Bah Bolon Serdang Bedagai

“PZU Kabupaten Majalengka bersama PZU Gerai Sindanghaji Kecamatan Palasah menerima titipan zakat dan menyalurkannya,” ungkapnya, didampingi pengurus PZU Majalengka, Didi Sukardi.

Terpisah, Kepala Desa Cisambeng, H Eros Suryadiningrat mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan untuk kebersamaan dan kemaslahatan umat serta bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ini positif, dan respon masyarakat juga bagus.” ujarnya. (Rik)