Wisata Desa Menjadi Pintu Gerbang Kebangkitan UMKM Lokal

Pentas Seni Ronggeng dan Lengger di Wisata Petapan Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANYUMAS – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Guntur Subagja Mahardika mengapresiasi kolaborasi budaya Kabupaten Subang dan Kabupaten Banyumas yang ditampilman dalam Pentas Seni Ronggeng dan Lengger di Wisata Petapan Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga:  Jabar dan Sumbar Jalin Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM

Kehadiran seni Ronggeng khas Kabupaten Subang dan seni Lengger khas Kabupaten Banyumas merupakan langkah kreatif untuk membangkitkan budaya lokal masing-masing yang memiliki nilai-nilai seni dan budaya yang sama.

“Ini kekayaan Budaya Nusantara Indonesia yang akan mempererat persatuan dan nasionalisme, yang menjadi produk kreatif yang menarik bagi wisatawan,” papar Guntur pada acara Cultural & Food-Road to Jawara Satria di Wisata Petapan Desa Gerduren, Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar dan Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI

Pentas seni dan budaya yang ditampilkan, sebutnya, harus didokumentasikan secara digital dan diviralkan melalui sosial media sehingga generasi muda tertarik untuk belajar budaya dan wisatawan datang.

Baca Juga:  Malam Tasyakuran PJT II, "50 Years – A Night to Remember”

“Pariwisata Desa dapat menjadi pintu gerbang untuk menumbuhkan ekonomi rakyat dan UMKM berbasis potensi lokal,” paparnya.