Workshop Literasi Digital Menuju Purwakarta Makin Cakap Digital

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat, Riana A Wangsadiredja saat memberikan materi Jurnalisme Online dan Dakwah Digital dalam workshop Literasi Digital. (Foto: Gin/Jabarnews)

Materi yang disajikan sendiri mulai dari Jurnalisme Online, Dakwah Digital, Tips Membuat Konten Menarik, Distribusi, Cuan, Waspada Disinformasi, Kiat Lawan Hoaks hingga Perlindungan Data Pribadi, Privasi dan Kiat Keamanan Digital Personal.

Menurut, Ketua AMSI Jawa Barat, Riana A Wangsadiredja, kerja-kerja literasi, sebagaimana lazimnya kerja di sektor edukasi pemberdayaan masyarakat, adalah kerja yang menuntut ketelatenan dan kesabaran dengan hasil yang tak dapat dengan instan seketika muncul di depan mata.

Baca Juga:  Ada 65.166 DPT Ganda Di Kabupaten Bogor, Ini Yang Dilakukan Panwaslu

“Mengutip ungkapan filsuf Yunani kenamaan, Aristoteles, the roots of education are bitter, but the fruit is sweet. Tentu saja buah kesabaran dalam edukasi adalah peningkatan kompetensi SDM secara berkelanjutan,” ucap Riana, saat ditemui di Pondok Pesantren Al-Irfan, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga:  Cegah Varian Baru Covid-19, Warga dari Ingris Dilarang Masuk Indonesia

Literasi digital, kata dia, menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia yang memiliki pengguna Internet tak kurang dari 204,7 juta jiwa, dengan 191,4 juta diantaranya adalah pengguna media sosial.

“Melalui kegiatan workshop literasi digital ini tentunya menjadi jawaban tantangan itu tersendiri, karena penggunaan media sosial yang besar tersebut belumlah seiring dengan dengan kemampuan literasi digital yang memadai warganet Indonesia dalam berpikir kritis, etika bermedia sosial, menghormati privasi, serta menjaga data pribadi dan keamanan digitalnya,” jelas Riana.

Baca Juga:  PDAM Purwakarta Terapkan Solusi Jangka Pendek Tangani Krisis Air Bersih