Workshop Literasi Digital Menuju Purwakarta Makin Cakap Digital

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat, Riana A Wangsadiredja saat memberikan materi Jurnalisme Online dan Dakwah Digital dalam workshop Literasi Digital. (Foto: Gin/Jabarnews)

Ia menyebut, tanpa kemampuan literasi digital yang memadai, makapenggunaan Internet justru akan meningkatkan problematika tersendiri semisal maraknyahoaks, pencurian data pribadi serta ujaran kebencian/SARA.

Disisi lain, sambung Riana, Internet, termasuk penggunaan media online, media sosial dan media percakapan secara positif, kreatif dan produktif diyakini dan dapat dibuktikan sebagai salah satu upaya mendorong bergeliatnya roda perekonomian baik di tingkat individu, komunitas maupun kewilayahan tertentu.

Baca Juga:  Kemarau Bikin Petani Beralih Jadi Pengrajin Bata Merah

“Internet dapat menjadi kanal unggulan dalam mempromosikan potensi perekonomian suatu daerah, semisal potensi wisata, potensi produksi UMKM serta potensi agrikultur yang selaras dengan kegigihan individual dan kerja kolaborasi komunal. Jadi dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan pemahaman dalam menggunakan media sosial dengan baik,” tutur Riana. (Gin)

Baca Juga:  Empat Persen Desa dan Kelurahan di Jabar Terkonfirmasi Penularan PMK