Jabar Punya 900.000 Hektar Tanah Basah, Uu Ruzhanul Ulum Ungkap Masalah Genting dalam Pertanian

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkap permasalahan genting di bidang pertanian, diantaranya regenerasi petani yang semakin menurun, menyempitnya lahan pertanian, hingga citra petani di mata masyarakat yang tak kunjung membaik.

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, permasalahan ini diduga yang menjadikan Jabar terdorong mundur ke posisi ketiga sebagai penyumbang beras nasional. Sebelumnya, Jabar selalu di posisi pertama.

Baca Juga:  Ema Sumarna Pastikan Tidak Ada Lagi Diskriminasi Pelayanan Kesehatan di Kota Bandung

“Masalah pertanian kita saat ini adalah regenerasi petani yang semakin menurun, serta menyempitnya lahan pertanian. Petani sekarang anak-anaknya sudah tidak ada yang mau jadi petani,” kata Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangan yang diterima, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga:  Syaifullah Menangis Saat Dedi Mulyadi Sampaikan Welas Asih

“Sebelumnya, Jabar mempunyai 1,1 juta hektar lahan pertanian. Yang terbaru saat dicek hanya tinggal sekitar 900.000 hektar tanah basah milik Jabar untuk pertanian. Sekarang Jabar juga tergeser ke posisi tiga penyumbang beras nasional,” tambahnya.

Baca Juga:  Perhatian! Ada Rekayasa Lalin di Kawasan Jalan Jakarta Kota Bandung, Catat Ini Aturannya

Untuk itu, Uu Ruzhanul Ulum berpesan agar pelajar SMK Pertanian terus mengasah diri dan mempersiapkan kemampuannya. Sehingga lebih siap menjawab tantangan mengembalikan Jabar sebagai juara swasembada pangan di Indonesia.