DPRD Jabar Beberkan Pentingnya Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Pansus Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi, DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady mengatakan bahwa sejak dipimpin Gubernur Ahmad Heryawan telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Jasa Konstruksi.

Menurut Daddy, Perda tersebut berlandaskan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi.

Baca Juga:  DPRD Jabar Berharap, Sengketa Lahan Jatinangor Cepat Selesai

Jasa konstruksi merupakan kegiatan strategis dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Namun, di sisi lain, penyelenggaraan jasa konstruksi juga harus menjamin ketertiban dan kepastian hukum.

Baca Juga:  PA GMNI Kecam Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno: Ada Bahaya Mengintai!

“Lahirnya perda tentang jasa konstruksi di Jabar sangatlah wajar dan ditunggu oleh banyak pihak, baik penyedia jasa kontruksi itu sendiri maupun Pemerintah Daerah termasuk kabupaten/kota. Hal ini berkaitan dengan luasnya wilayah dan jumlah penduduk Jabar,” kata Daddy dalam keterangan yang diterima JabarNews.com, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga:  BK DPRD Jabar: MKD Awards Jadi Pemicu Peningkatan Kinerja Wakil Rakyat

Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, ditambah letak geografis Jabar yang berhimpitan dengan Ibu Kota Negara, yakni Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, kehadiran perda seperti itu menjadi sebuah tuntutan yang sangat logis dan realistis.