Legislator Jabar Ini Sodorkan Kriteria Caleg Berkualitas, Apa Saja?

DPRD Jabar
Anggota DPRD Provinsi Jabar Ihsanudin. (Foto: Istimewa).

Anggota legislatif wajib memahami permasalahan yang terjadi di negerinya. Sebab, pemahaman itu yang akan menjadi landasan dari cita-citanya dalam memperjuangkan masyarakat.

Kedua, moralitas, Ihsanudin menyebutkan bahwa hal ini beralasan bahwa moralitas merupakan harga mati bagi seorang anggota legislatif.

Baca Juga:  Hardiknas 2023, DPRD Jabar Sebut Momentum Peningkatan Pendidikan

“Moral dan akhlaqul karimah merupakan pondasi dalam mengemban amanat dari masyarakat. Pelanggaran moral merupakan bentuk ketidakamanahan,” kata anggota DPRD Jabar asal daerah pemilihan Kabupaten Karawang dan Purwakarta dalam keterangan yang diterima, Senin (3/7/2023).

Baca Juga:  DPRD Jabar Ingin Sektor Pertanian Diperhatikan, Ini Alasannya

Untuk saat ini, pihaknya berharap tidak ada lagi tragedi moral yang melibatkan anggota legislatif. Sudah banyak perkara hukum yang dikarenakan lemahnya moral anggota legislatif, dan itu harus menjadi pelajaran penting bagi anggota legislatif, calon anggota legislatif dan pemimpin politik lainnya.

Baca Juga:  Peringati Momentum Sumpah Pemuda, Ihsanudin: Kaum Muda Kunci Peradaban Indonesia

Ketiga, kemampuan finansial, kebutuhan biaya menjadi konsekuensi logis bagi calon anggota legislatif. Biaya yang dimaksud bukan untuk menyuap masyarakat, namun untuk akomodasi kegiatan kampanye dan sosialisasi.