Minat Anak Muda Jadi Petani Minim, DPRD Jabar Ungkap Keuntungan Bekerja di Sektor Pertanian

ilustrasi petani. (Foto: Shutterstock).

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Dadang Kurniawan mengajak anak muda agar tidak ragu menjadi seorang petani.

Dadang mengungkapkan, selama ini banyak anak muda yang pesimis terjun di sektor pertanian karena dinilai tidak menjajikan secara ekonomis.

Baca Juga:  Abdul Hadi Wijaya Sebut Bahasa Jepang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja

Bahkan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020 Badan Pusat Statistika Agustus 2020, proporsi petani Jawa Barat paling banyak berada pada kelompok umur 45-49 tahun, yaitu sebanyak 36,30 persen, sementara, petani berusia 30-44 tahun hanya 24,06 persen.

Baca Juga:  Sempat Digeruduk Mahasiwa, Ini Penjelasan Bulog Cianjur Soal Kenaikan Harga Beras

“Padahal kalau kita lakukan dengan penuh perencanaan yang matang, sektor perrtanian bisa jadi sektor yang menjanjikan bagi anak muda,” kata pria yang akrab disapa Dadung ini di Kota Bandung, Senin (17/1/2022).

Baca Juga:  Rapat Paripurna DPRD Jabar: Penyampaian Pandangan Umum Fraksi dan Penjelasan Pengusul atas Ranperda Prakarsa

Dia menerangkan bahwa di era kemajuan teknologi ini, anak muda yang mau terjun menjadi petani bisa memanfaatkan platform digital atau media sosial untuk menjual hasil produksinya.