OJK dan Bank Bjb Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2021

JABARNEWS | BANDUNG – Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) Kantor 2 Jabar bersama bank bjb menggelar event Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 dalam literasi program DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) kepada peternak sapi milenial, business matching, webinar, talkshow, digitalisasi akses keuangan desa, sekolah, pasar modal, dan program vaksinasi serta pembukaan rekening massal pelajar.

Acara puncak kegiatan itu digelar di Saung Anklung Ujo, Selasa (9/11/2021) lalu dan berlangsung secara hybrid dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat termasuk melakukan swab antigen kepada para peserta.

“Investasi Bijak Sejak Dini” dari bank bjb, serta sesi success story yang dibawakan oleh CEO PT Zentama Global Indonesia Ragil Raditia Harjana dan Creative Director BOOLAO Roman Nuansa yang merupakan pemenang ke-1 dan ke-2 Program Young Enterpreneur Zone (YEZ) yaitu program scale up bisnis yang diselenggarakan oleh bank bjb.

Baca Juga: Puluhan Besi Bekisting Proyek Kereta Cepat Jatuh di Bandung Barat, KCIC Beri Penjelasan

Baca Juga: Bikin Kagum Dedi Mulyadi, Remaja 16 Tahun Ini Mampu Gantikan Ayahnya Menjajakan Dagangan Tutut

Dalam sesi talkshow, acara dihadiri oleh perwakilan pelajar dari SMAN 23 Bandung dan mahasiswa dari STIE Ekuitas Bandung baik secara langsung maupun melalui aplikasi Zoom.

Baca Juga:  Pertahankan Wasiat Leluhur, Masjid di Purwakarta ini Tak Gunakan Pengeras Suara

Selain itu, acara juga diisi dengan hiburan interaktif angklung serta penampilan musik dari Java Jive dan Mely Mono. Mengusung tema “Inklusi Keuangan Untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Jawa Barat”.

Baca Juga: Truk Box Terjun ke Jurang 10 Meter di Purwakarta, Diduga Sopir Mengantuk dan Ban Gundul

Tujuan cara tersebut diselenggarakan guna meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Dalam acara ini, para tenant UMKM turut menjajakan produknya. Para pengunjung yang hadir dapat bertransaksi dengan menggunakan aplikasi DigiCash by bank bjb untuk berbelanja selama acara berlangsung.

Di hari yang sama juga diselenggarakan malam penganugerahan dari OJK
terhadap pihak-pihak yang dinilai telah berhasil membangun ekosistem keuangan yang baik serta mendukung akselerasi literasi keuangan di kalangan masyarakat.

Bank bjb sendiri meraih penghargaan selaku “Institusi Perbankan yang Mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat”.

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi beserta jajaran Direksi bank bjb dan diserahkan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan KR 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono.

Baca Juga:  Awas! BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Rob di Pesisir Pantai Selatan Jabar-DIY

Baca Juga: Pembalap Valentino Rossi ‘The Doctor’ Resmi Gantung Helm

Untuk kategori peraih penghargaan lainnya yaitu Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna sebagai “Tokoh yang Mendukung Percepatan Inklusi Keuangan Melalui Program Satu Rekening Satu Pelajar”.

Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil sebagai “Tokoh Penggerak Literasi Keuangan di Jawa Barat”.

Universitas Katolik Parahyangan Bandung sebagai “Perguruan Tinggi yang Mendukung Program Literasi Keuangan”, PT BPR Subang Gemi Nastiti sebagai “BPR yang telah mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat”.

Baca Juga: Bupati Serdang Bedagai: Banjir Mulai Surut, Sejumlah Genangan Air Sudah Kering

PT Agro Investama yang meraih penghargaan sebagai “Pelaku Usaha yang Mendukung Akselerasi Keuangan Melalui Penyaluran KUR Klaster Budidaya Domba” serta CV Cemerlang Jaya Makmur yang meraih penghargaan sebagai “Petani Milenial yang Meiindukung Peningkatan Akses Keuangan Melalui Klaster Pemberdayaan Budidaya Sapi Potong”.

Acara malam penganugerahan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi & Pembangunan dr. Berli Hamdani Gelung Sakti, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil yang hadir secara virtual, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Bambang Pramono beseerta Jajaran, Kepala Otoritas Jasa Keuangan KR 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono beserta jajaran, jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Komisaris bank bjb Muhadi, serta Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi beserta jajaran Direksi bank bjb.

Baca Juga:  Hingga November 2021, Tercatat 424 Bencana Terjadi di Indonesia, Banjir Mendominasi

Baca Juga: Truk Box Terjun ke Jurang 10 Meter di Purwakarta, Diduga Sopir Mengantuk dan Ban Gundul

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, acara Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2021 yang diselenggarakan atas kolaborasi bank bjb dan OJK ini diharapkan dapat mengakselerasi terwujudnya inklusi keuangan di masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat mengakses layanan keuangan dengan mudah dan aman.

“Bank bjb senantiasa berkomitmen menghadirkan berbagai inovasi untuk mempermudah akses layanan keuangan bagi seluruh kalangan masyarakat. Akses yang mudah terhadap layanan keuangan dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” ungkap Yuddy.***