• Kamis, 2 Desember 2021

Lewat Program Ini, Ridwan Kamil: Anak-Anak Muda tidak Usah Pergi ke Kota

- Selasa, 16 November 2021 | 21:27 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara yang digelar secara virtual. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara yang digelar secara virtual. (Biro Adpim Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin membuat warga Jabar melek digital, sehingga bisa meningkatkan perekonomian desa meningkat. Salah satunya adalah dengan program Desa Digital

Menurut Ridwan Kamil, lewat program Desa Digital diharapkan penguasaan digital tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja, melainkan masyarakat di desa juga bisa andal menggunakan teknologi digital. 

"Digital inklusif jangan sampai pintar digital hanya dikuasai orang kota. Jawa Barat bertekad menjadikan Desa Digital sebagai unggulan," kata Ridwan Kamil, dalam acara yang digelar secara virtual, Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Wow! Pakai Jersey Made in Indonesia, Timnas Inggris Bantai San Marino dengan Skor 10-0

Lewat program Desa Digital, diharapkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat. Lewat digital, akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional. 

Apalagi, potensi dari ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Berdasarkan data Google, Temasek, dan Bain & Company 2020, total ekonomi digital Indonesia pada 2020 adalah 44 juta dolar AS atau setara Rp631 triliun, dan akan meningkat pada 2025 menjadi 124 juta dolar AS atau setara Rp1.744 triliun. 

Potensi ini diperoleh dari tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 196,7 juta pengguna. Dari jumlah tersebut 56 persen di antaranya berasal dari daerah rural atau perdesaan.

Baca Juga: Purwakarta Siap Siaga Bencana, Bupati Anne Ratna Mustika: Waspadai Dampak La Nina!

"Urgensinya bahwa sekarang kami punya slogan tinggal desa, rezeki kota, bisnis mendunia. Selama ini orang menganggap desa itu tidak bisa setara dengan kota," kata Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK dan Bank Bjb Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2021

Senin, 15 November 2021 | 17:33 WIB

Ridwan Kamil Tegaskan Tak Ingin Dengar Ada BUMD Rugi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:30 WIB
X